Analisis tingkat relevansi dan orisinilitas serta dampak desain maskot (Osi dan Oji) terhadap Tri Bina Cita Kota Malang / Rio Dwi Pratama

Pratama, Rio Dwi (2019) Analisis tingkat relevansi dan orisinilitas serta dampak desain maskot (Osi dan Oji) terhadap Tri Bina Cita Kota Malang / Rio Dwi Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Pratama, Rio. 2019. Analisis Tingkat Relevansi dan Orisinalitas serta Dampak Desain Maskot (Osi dan Ji) Terhadap Tri Bina Cita Kota Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Pujiyanto, M.Sn, (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci : Desain maskot, City Branding, kota Malang, ROI kreativitas. Malang adalah sebuah kota yang berada di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Dari sudut ekonomi, sebuah kota adalah suatu permukiman di mana penduduknya lebih mengutamakan kehidupan perdagangan dan komersial dari pada pertanian. Karena itu Max Weber (1966:66) memberikan pengertian kota ialah sebuah ÔÇÿpermukiman pasarÔÇÖ (market settlement). Layaknya sebuah market, kota juga memiliki upaya-upaya pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan pendapatan daerah. Untuk mendukung hal tersebut perlu adanya membangun sebuah Branding kota sebagai upaya promosi. Namun ada yang unik dalam cara membangun City Branding Kota Malang, Karena kota Malang merupakan kota pertama di Indonesia yang mengunakan desain maskot sebagai bagian upaya Branding kota. Tujuan Penelitian ini adalah memperoleh diskripsi tentang bagaimana efektif peran desain maskot Kota Malang dalam membangun Branding kota dan sebagai alat komunikasi secara persuasif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menghasilkan data diskriptif, dan menggunakan teori ROI kreativitas, menganalisis efektifitas melalui relevansi, originalitas serta dampak (impact) dikelompokkan menurut teori tersebut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa maskot kota Malang (Osi dan Ji) yang menjadi representatsi dari Masyarakat Kota Malang telah mempunyai suatu Makna yang cukup kuat untuk mewakili masyarakat Kota Malang. Dari hasil studi estetika tingkat relevansi visual desain maskot kota Malang dengan kondisi dan karakteristik kota Malang dapat disimpulkan sangat sesuai dan berhasil ditampilkan dengan sangat baik, karena memiliki keterkaitan antara bentuk dengan sifat menjadikan siapapun dapat dengan mudah mengasosiasikan Osi dan Ji dengan kota Malang. Serta hasil analisa visual yang didukung oleh pendapat informan, menyimpulkan bahwa visual desain maskot kota Malang memiliki originalitas yang tinggi, karena dari segi visual belum ditemukan kemiripan bentuk dengan visual karakter manapun. Namun dari segi dampak belum memperoleh perubahan yang significant. Menyimpulkan dari ketiga point ROI kreativitas, relevansi, originalitas dan dampak (impact) dapat disimpulkan bahwa desain maskot kota malang sudah cukup efektif namun belum maksimal, terutama dari segi aktivasi secara massif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14709

Actions (login required)

View Item View Item