Perancangan katalog digital sebagai upaya memperkenalkan Kampung Tematik Kota Malang / Olivia Anisa Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan katalog digital sebagai upaya memperkenalkan Kampung Tematik Kota Malang / Olivia Anisa Putri

Putri, Olivia Anisa (2019) Perancangan katalog digital sebagai upaya memperkenalkan Kampung Tematik Kota Malang / Olivia Anisa Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Putri Olivia Anisa 2018. Perancangan katalog digital sebagai upaya memperkenalkan Kampung Tematik Kota Malang. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Drs. Sarjono M.sn. Pembimbing II Dhara Alim Cendekia S.sn. M.Ds. Kata Kunci katalog digital kampung tematik kota malang Kota Malang memiliki warisan alam yang melimpah membuat Kota Malang memiliki beragam potensi yang dapat dikembangkan. Tidak hanya wisata alam yang melimpah kota malang juga memiliki wisata Kampung Tematik yang merupakan hasil dari pemberdayaan lingkungan melalui program pemerintah CSR (Corporate Social Responbility). Kota Malang memiliki beberapa Kampung Tematik tetapi masih belum banyak diketahui masyarakat karena kurangnya informasi di masayarakat. Maka dari itu diharapkan suatu media media yang dapat memperkenalkan Kampung Tematik kepada masyarakat luas secara menarik dan informatif dan ekonomis. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan model perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang telah disesuaikan dengan kebutuhan perancang. Pengumpulan data menggunakan data lapangan dan data literature. Data lapangan didapatkan melalui metode observasi wawancara dokumentasi dan kuisioner sedangkan data kepustakaan (literatur) didapat dari sumber kepustakaan. Terdapat dua data peranangan ini yaitu data tempat wisata dan data responden yang nantinya akan dikelompokan melalui analisis data selanjutnya data hasil dari analisis tersebut disintesiskan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan melalui tahap sintesis dalam bentuk solusi media utama. Konsep perancangan ini memiliki 2 aspek perencanaan yaitu konsep verbal dengan ide gagasan strategi konsep perancangan media dan konsep visual dengan strategi visual media yang nantinya akan menghasilkan desain final. Katalog digital memiliki kelebihan yaitu lebih ekonomis komunikatif serta bermobilitas yang tinggi. Katalog digital Dolan Kampung beresolusi 2560 x 1449 pixel membuat media tersebut sangat mudah untuk diakses. Dengan gaya desain disesuaikan dengan target audience yang sebagian besar ialah generasi millenials. Katalog digital memiliki 7 objek Kampung Tematik yang dikemas dengan pendekatan gaya desain bricolage yang merupakan salah satu macam aliran yang terdapat pada gaya postmodern dengan kecenderungan desain lebih pada benuk geometris terstuktur layout yang asimetris dan warna-warna dengan intensitas redup dan dingin serta dilengkapi media pendukung seperti t-shirt leaflet brosur instagram x-banner dan poster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14708

Actions (login required)

View Item View Item