Perancangan komik The Guardian Riders yang di adaptasi dari legenda jaranan di Kediri sebagai media pelestarian budaya daerah / Eko Octa Hamid

Hamid, Eko Octa (2018) Perancangan komik The Guardian Riders yang di adaptasi dari legenda jaranan di Kediri sebagai media pelestarian budaya daerah / Eko Octa Hamid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hamid, Eko Octa. 2018. Perancangan Komik The Guardian Riders Yang Di Adaptasi Dari Legenda Jaranan Di Kediri Sebagai Media Pelestarian Budaya Daerah. Skripsi. Progam Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Robby Hidajat, M.Sn dan Andika Agung Sutrisno, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: Komik Web, Klono Sewandono, Jaranan, Budaya Daerah Banyak kesenian daerah saat ini dalam kondisi yang sangat memprihatinkan karena kalah oleh teknologi yang maju dalam hal hiburan maupun informasi seperti internet dan game online misalnya. Hal ini juga belaku untuk kesenian jaranan dari Kediri. Seiring berjalannya arus globalisasi tanpa disadari, kesenian daerah seperti jaranan yang dulu menjadi sarana hiburan publik mulai ditinggalkan. Diperlukan media yang mampu melestarikan budaya tersebut serta sesuai dengan kemajuan teknologi saat ini. Media tersebut haruslah menarik bagi para remaja. Salah satunya adalah komik, komik bukan hanya sebagai hiburan pengisi waktu luang saja melainkan komik juga dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang menarik. Dalam skala internasional komik memiliki potensi yang besar untuk mempromosikan sebuah negara atau juga sebagai media untuk melestarikan budaya dengan cara menanamkan budaya sebagai tema dalam cerita komik. Dengan pengemasan cerita dan ilustrasi yang menarik, tanpa pembaca sadari para pembaca sudah mempelajari tentang budaya yang ditanamkan pada cerita komik tersebut. Pada perancangan ini penulis menggunakan model procedural. Model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif, dan menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Model perancangan pada perancangan ini mengacu pada pola dasar milik Bruce Archer yang disesuaikan dan dimodifikasi dengan sistematika pada pembuatan komik. Teknik analisis yang digunakan pada perancangan ini adalah analisis SWOT. Analisis SWOT adalah suatu metode analisis yang digunakan untuk menentukan dan mengevaluasi, mengklarifikasi dan memvalidasi perencanaan yang telah disusun, sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Perancangan yang dihasilkan adalah komik web yang akan tersedia di Ciayo Comics dengan dimensi 700px x 1000px yang akan terdiri dari 4 episode dengan genre fantasi. Isi cerita komik berupa legenda dari jaranan di Kediri dengan fokus pada tokoh Klono Sewandono. Komik ini juga dilengkapi dengan media pendukung promosi antara lain Official Website, poster, x-banner, pin, Key chain dan media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14707

Actions (login required)

View Item View Item