Perancangan komik superhero "Anibots" tentang pelestarian satwa langka endemik Indonesia untuk anak-anak usia 7-12 tahun / Nyimas Amira Fadila

Fadila, Nyimas Amira (2018) Perancangan komik superhero "Anibots" tentang pelestarian satwa langka endemik Indonesia untuk anak-anak usia 7-12 tahun / Nyimas Amira Fadila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vii RINGKASAN Fadila, Nyimas Amira. 2018. Perancangan Komik Superhero ÔÇ£ANIBOTSÔÇØ tentang Pelestarian Satwa Langka Endemik Indonesia untuk Anak-Anak Usia 7-12 Tahun. Skripsi, Desain Komunikasi Visual, Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd., (II) Mitra Istiar Wardhana, S.Kom, M.T. Kata Kunci: perancangan, komik, superhero, pelestarian, satwa endemik, anak Komik merupakan salah satu media alternatif untuk pembelajaran yang bersifat kreatif dan inovatif. Konsep visual dan verbal yang dirancang disesuaikan dengan hasil analisis data yang telah dikumpulkan sebelumnya. Konsep tersebut mengeksplorasi semua potensi yang ada sehingga menghasilkan sebuah ide baru. Satwa langka endemik khususnya satwa langka endemik Indonesia dapat menjadi potensi baru yang dikembangkan ke berbagai ide konsep yang beragam, contohnya komik. Penggunaan satwa langka endemik Indonesia sebagai konsep memberikan unsur lokal yang kental karena satwa tersebut adalah ikon kebanggaan Indonesia. Kebanyakan anak-anak juga sangat menyukai binatang sehingga menggunakan karakter binatang sebagai peran utamanya akan menjadi unsur yang menarik bagi mereka. Oleh karena itu, perancangan ini bertujuan untuk merancang produk berupa komik yang menggunakan satwa langka endemik Indonesia sebagai dasar perancangan kunci visual utama serta upaya pelestarian alam dan satwa sebagai tema utama cerita. Konsep isi dari komik baik visual maupun verbal telah disesuaikan agar mudah dipahami oleh anak-anak usia 7-12 tahun. Metode perancangan yang digunakan adalah metode perancangan prosedural yang meliputi beberapa proses, seperti penetapan latar belakang masalah, pengumpulan data, analisis data, sintesis, perancangan konsep, evaluasi desain dan perwujudan desain akhir. Metode perancangan dengan sistematika perancangan dari J. Christoper Jones dikembangkan dan dimodifikasi untuk disesuaikan dengan alur dasar proses pembuatan komik. Hasil perancangan terdiri dari media utama, berupa buku komik dalam bentuk cetak full color serta media pendukung untuk kebutuhan promosi berupa poster, x-banner, stiker, t-shirt, gantungan kunci, tote bag dan akun media sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14703

Actions (login required)

View Item View Item