Perancangan brand identity museum Kambang Putih di Kabupaten Tuban dalam upaya meningkatkan citra pada masyarakat / Odi Bagus Mardhika

Mardhika, Odi Bagus (2018) Perancangan brand identity museum Kambang Putih di Kabupaten Tuban dalam upaya meningkatkan citra pada masyarakat / Odi Bagus Mardhika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Mardhika Odi Bagus. 2018. Perancangan Brand Identity Museum Kambang Putih Kabupaten Tuban Dalam Upaya Meningkatkat Citra Pada Masyarakat. Skripsi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn (II) Andika Agung Sutrisno S.Sn M.Sn Kata Kunci Brand Identity Citra Museum Kambang Putih Kabupaten Tuban Museum Kambang Putih merupakan sebuah museum yang terdapat di Kabupaten Tuban. Museum ini juga salah satu dari beberapa tempat wisata yang ada di Tuban seperti goa akbar pemandian bektiharjo pantai boom makam Sunan Bonang dan banyak lagi wisata yang ada di Kabupaten Tuban. Pengunjung Museum rata-rata perbulan mencapai 700 orang. Mayoritas pengunjungnya adalah pelajar yang mendapat program berkunjung oleh lembaga pendidikan terkait sedangkan pengunjung dari masyarakat umum hanya sekitar 10% dari total pengunjung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kurangnya minat pribadi masyarakat untuk berkunjung ke museum Kambang Putih. Hal tersebut bisa dipicu oleh kurangnya pencitraan museum sebagai sebuah tempat wisata. Brand identity adalah suatu tindakan yang membangun identitas dari sebuah lembaga/perusahaan agar dapat membentuk persepsi masyarakat tentang citra lembaga/perusahaan sesuai yang dirancang. Perancangan brand identity untuk museum Kambang Putih bertujuan untuk membentuk persepsi masyarakat pada museum ini sebagai tempat yang tidak hanya mengedukasi namun juga sebagai tempat wisata yang menyenangkan. Perancangan ini menggunakan sistematika perancangan milik Sanyoto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui proses observasi wawancara dan dokumentasi. Konsep dari perancangan ini adalah membuat sebuah strategi kreatif agar pengunjung memiliki pengalaman yang menyenangkan saat berkunjung ke museum Kambang Putih. Konsep tersebut diwujudkan melalui kampanye tagline museum Kambang Putih yaitu menjelajah waktu yang didukung oleh perancangan media promosi yang ikut mengkampanyekan tagline tersebut. Media yang dibuat meliputi photo booth bunting flag umbul-umbul poster x-banner horizontal billboard brosur sign sistem dan merchandise museum.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item View Item