Perancangan buku "Love of Crochet" berbasis infografis tentang tutorial merajut untuk pemula / Amalia Ayu Widyaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku "Love of Crochet" berbasis infografis tentang tutorial merajut untuk pemula / Amalia Ayu Widyaningrum

Widyaningrum, Amalia Ayu (2018) Perancangan buku "Love of Crochet" berbasis infografis tentang tutorial merajut untuk pemula / Amalia Ayu Widyaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Widyaningrum Amalia Ayu. 2018. Perancangan Buku Love of Crochet Berbasis Infografis tentang Tutorial Merajut untuk Pemula. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Pujiyanto M.Sn. (II) Andhika Putra H. S.Sn M.Sn Kata Kunci perancangan buku tutorial infografis merajut pemula. Merajut dapat memberikan dampak positif dalam membentuk diri pergaulan serta keahlian yang memunculkan kepercayaan diri dan kreatifitas. Berbagai produk dan perkumpulan rajut (crochet) dapat ditemui dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia namun tak banyak kaum muda yang turut andil dalam aktifitas merajut. Beberapa media pembelajaran mandiri seperti buku tutorial rajut merupakan alternatif yang bisa dipilih bagi pemula dalam memberikan pengetahuan umum serta tahapan dan langkah merajut secara individu maupun kelompok. Namun dengan banyaknya buku tutorial yang beredar belum ditemukan buku tutorial merajut khusus bagi pemula kalangan muda. Hal ini diperlukan sebab kaum muda cenderung malas untuk mempelajari buku dengan visual yang menyampaikan informasi dengan kurang menarik. Dalam menyebarluaskan dampak positif hobi merajut serta meningkatkan minat baca dikalangan muda dilakukan perancangan buku Love Of Crochet berbasis infografis tentang tutorial merajut untuk pemula. Tujuan dilakukan perancangan untuk menjadi sumber informasi atau panduan awal juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi pemula untuk menekuni hobi merajut secara berkelanjutan. Metode dan metodologi yang digunakan dalam perancangan ini terdapat model perancangan dan teknik analisis dalam perancangan. Model perancangan menggunakan pengembangan model perancangan prosedural milik Sanyoto. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis kreatif 6W 2H S. Perancangan dilakukan secara bertahap baik dari mengumpulkan data hingga produksi. Buku tutorial dengan ukuran 21 cm x 18 cm 53 halaman yang berisi pemahaman awal mengenai rajut alat dan bahan dalam merajut teknik dan variasi tusukan hingga kreasi rajutan. Adapun media pendukung dibuat sebagi penunjang acara peluncuran buku yang berupa X-banner mini banner dan merchandise.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14695

Actions (login required)

View Item View Item