Perancangan graphic novel karya Dr. Musthafa Murad tentang kisah hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq untuk mata pelajaran agama Islam kelas 6 SDIT Salsabila Kepanjen / Khodijah Karima

Karima, Khodijah (2018) Perancangan graphic novel karya Dr. Musthafa Murad tentang kisah hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq untuk mata pelajaran agama Islam kelas 6 SDIT Salsabila Kepanjen / Khodijah Karima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Karima, Khodijah. 2018. Perancangan Graphic Novel Karya Dr. Musthafa Murad tentang Kisah Hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Pujiyanto, M. Sn (II) H. J. Hendrawan, S. Sn., M. Ds. Kata Kunci: Perancangan, Graphic Novel, Abu Bakar Ash-Shiddiq. Perkembangan zaman yang pesat telah menghasilkan teknologi yang berguna dalam setiap lini kehidupan, terutama dalam bidang pengetahuan dan pembelajaran. Di antaranya adalah media untuk mengenal sosok sahabat Nabi yaitu Abu Bakar Ash-Shiddiq. Akan tetapi, di antara sekian banyak jenis media yang menceritakan sosok Abu Bakar, tidak semuanya menceritakan secara detail tentang beliau. Buku kisah hidup Abu Bakar karya Dr. Musthafa Murad inilah yang dirasa lengkap dan jelas sumbernya sehingga muncul ide untuk memvisualisasikan buku ini ke dalam bentuk graphic novel. Bentuk visual yang akan dirancang tidak hanya terdiri dari ilustrasi saja, namun dengan tambahan infografis. Perancangan graphic novel Kisah Hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq ini menggunakan model perancangan prosedural. Model prosedural adalah model yang bersifat deskriptif, menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Prosedur perancangan dimulai dari tahap mengumpulkan data kemudian dianalisis. Pengumpulan data dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan dokumen dan observasi. Setelah dilakukan analisis dibuat sintesis dan dijadikan acuan dalam membuat konsep perancangan. Konsep perancangan terdiri dari perencanaan media dan kreatif. Kemudian dilakukan produksi hingga menjadi desain final. Hasil dari perancangan ini adalah produk graphic novel kisah hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq yang berbeda dari kebanyakan media ilustrasi tentang Abu Bakar Ash-Shiddiq lainnya. Graphic novel ini tidak hanya berisi ilustrasi dan cerita, juga ditambahkan infografis di dalamnya. Akan tetapi, kekurangan yang ada dalam media ini adalah kurang mendetailnya kisah-kisah mengenai Abu Bakar dan kurangnya jumlah infografis yang dibuat. Diharapkan dengan dirancangnya produk graphic novel kisah hidup Abu Bakar Ash-Shiddiq ini dapat menjadi bahan atau referensi yang menarik untuk kemudian dikembangkan menjadi media yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item