Perancangan buku cerita "Jiandan De Gushi" berbasis ilustrasi sebagai pendukung kegiatan kursus bahasa Mandarin / Arly Setya Lestari

Lestari, Arly Setya (2018) Perancangan buku cerita "Jiandan De Gushi" berbasis ilustrasi sebagai pendukung kegiatan kursus bahasa Mandarin / Arly Setya Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Lestari, Arly Setya.2018.Perancangan Buku Cerita ÔÇ£Jiandan de GushiÔÇØ Berbasis Ilustrasi sebagai Pendukung Kegiatan Kursus Bahasa Mandarin.Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr.Pujiyanto, M.Sn, (II) Heppy Jundan Hendrawan, S.Sn, M.Ds. Kata Kunci : buku cerita bergambar, Jiandan de Gushi, bahasa mandarin, ilustrasi. Berkembangnya kerja sama antara Negara Cina dan Indonesia menuntut masyarakat untuk bisa menguasai bahasa Mandarin sebagai bahasa internasional kedua. Proses penguasaan bahasa Mandarin penting untuk dilakukan secara cepat dan mudah terutama bagi masyarakat berusia remaja akhir hingga dewasa awal sebagai subjek utama pendukung kerjasama tersebut. Jenis buku teks yang hanya memuat konten verbal kurang efektif untuk dipelajari karena sulit dipahami, diingat, serta menimbulkan rasa jenuh dalam belajar. Oleh karena itu buku cerita bergambar ini dirancang. Konten visual berupa ilustrasi surealisme pada buku cerita bergambar bertujuan untuk memudahkan pemahaman, memberi kesan tertentu, serta meningkatkan minat belajar bahasa Mandarin. Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural deskriptif yang memiliki tahap berurutan dalam proses menghasilkan sebuah produk. Pola perancangan yang digunakan adalah pola perancangan Sanyoto yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perancang dalam membuat media berupa buku cerita bergambar. Hasil perancangan ini adalah buku cerita bergambar dengan judul ÔÇ£Jiandan de GushiÔÇØ atau ÔÇ£Cerita SederhanaÔÇØ dengan tema kehidupan sehari-hari. Media utama adalah buku berukuran A5 atau 14.8 cm x 21 cm dengan ketebalan 60 halaman berisi teks dan ilustrasi full colour. Teks berupa narasi dan dialog ditampilkan dalam bahasa Mandarin dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Media pendukung pada perancangan ini adalah totebag, pouch, kaos, topi, X banner, poster, brosur, dan media sosial instagram. Media pendukung tersebut digunakan untuk mendukung kegiatan promosi dan pemasaran buku yang dirancang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Nov 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14693

Actions (login required)

View Item View Item