Perancangan informasi museum Trowulan sebagai upaya pelestarian peninggalan sejarah dan promosi pariwisata / Achmad Jabbar

Jabbar, Achmad (2018) Perancangan informasi museum Trowulan sebagai upaya pelestarian peninggalan sejarah dan promosi pariwisata / Achmad Jabbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Jabbar, Achmad. 2018. Perancangan Informasi Museum Trowulan sebagai Upaya Pelestarian Peninggalan Sejarah dan Promosi Pariwisata. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sugiyono Ardjaka, M.Sc., Ph.D. (II) Joko Samodra, S.Kom., M.T. Kata Kunci: informasi, museum trowulan, pariwisata Museum Trowulan merupakan museum yang berada di Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Museum ini dibangun untuk menyimpan berbagai benda hasil penemuan di kawasan sekitar Trowulan. Keberadaan museum ini tidak terlepas dari Situs Trowulan yang merupakan kawasan kepurbakalaan hasil peninggalan periode klasik sejarah Indonesia. Berbagai temuan arkeologis yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit tersebut memiliki potensi wisata sejarah yang sangat besar. Trowulan memiliki potensi wisata sejarah yang sangat besar karena ditemukan berbagai temuan arkeologis yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit. Potensi tersebut belum diimbangi dengan perkembangan dalam hal promosi dan informasi. Pada perancangan informasi pariwisata Museum Trowulan ini menggunakan model perancangan Sadjiman Ebdi Sanyoto yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dalam perancangan. Perancangan berawal dari masalah yang ada di lapangan hingga pembuatan sebuah produk sebagai solusinya. Hasil perancangan yang dihasilkan berupa video, booklet, brosur, dan beberapa merchandise. Produk ini akan memberikan informasi kepada calon pengunjung dan wisatawan tentang Museum Trowulan dan Situs Trowulan. Manfaat yang diharapkan dari hasil peracangan ini adalah terangkatnya potensi wisata sejarah yang berada di Trowulan baik dari sisi edukasi maupun ekonomi sehingga pengunjung di Museum Trowulan pada khususnya dan kawasan Trowulan pada umumnya dapat bertambah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14691

Actions (login required)

View Item View Item