Perancangan Media Iklan Pantai Dlodo Sebagai Upaya Meningkatkan Wisata Daerah Kabupaten Tulungagung Berbasis Video / Era Diah Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan Media Iklan Pantai Dlodo Sebagai Upaya Meningkatkan Wisata Daerah Kabupaten Tulungagung Berbasis Video / Era Diah Saputri

Saputri, Era Diah (2018) Perancangan Media Iklan Pantai Dlodo Sebagai Upaya Meningkatkan Wisata Daerah Kabupaten Tulungagung Berbasis Video / Era Diah Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Saputri Era Diah. 2018. Perancangan Media Iklan Pantai Dlodo Sebagai Upaya Meningkatkan Wisata Daerah Kabupaten Tulungagung Berbasis Video. Skripsi Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarjono M.Sn (II) Gunawan Susilo S.Sn M.Sn. Kata kunci Perancangan Media Iklan Pantai Dlodo Video. Tujuan Perancangan video iklan Pantai Dlodo adalah untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara serta meningkatkan wisata daerah Kabupaten Tulungagung. Masyarakat belum banyak yang mengenal dan mengerti tentang keberadaan Pantai Dlodo hal tersebut diketahui dari sedikitnya jumlah wisatawan di Pantai Dlodo. Salah satu upaya yang dilakukan masyarakat sekitar pantai untuk meningkatkan jumlah wisatawan dengan diadakannya promosi festival layang-layang. Promosi yang dilakukan belum maksimal dikarenakan menunggu akses pembetulan jalan menuju Pantai Dlodo diselesaikan. Penduduk setempat lebih memprioritaskan pembenahan akses jalan karena dikhawatirkan dengan akses jalan yang buruk dapat memperburuk kondisi wilayah. Kondisi wilayah yang buruk ditakutkan akan memperburuk promosi Pantai Dlodo. Model perancangan yang digunakan adalah perancangan prosedural dimana menguraikan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Metode perancangan menggunakan model perancangan komunikasi visual periklanan dari Sadjiman Ebdi Sanyoto. Mengingat fungsi dari model perancangan digunakan sebagai acuan yang mendasari keseluruhan dari proses perancangan maka pemilihan model perancangan yang akan digunakan harus teliti dan cermat serta harus sesuai dengan target dan konteks dari perancangan tersebut. Hasil dari perancangan video iklan yaitu format video 1920 x 1080 pixel berdurasi 10 detik dengan 3 alternatif untuk ditayangkan pada televisi 2 menit untuk instagram youtube dan facebook serta media pendukung berupa foto keadaan Pantai Dlodo berukuran A3 sebanyak 5 dan x-banner. Video iklan Pantai Dlodo ini adalah media yang digunakan untuk mengenalkan keindahan laut rawa-rawa perpaduan gumuk pasir putih dan hitam serta perbukitan disekitar pantai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14690

Actions (login required)

View Item View Item