Perancangan katalog ÔÇ£Amazing SelectaÔÇØ melalui eksplorasi manipulasi fotografi digital untuk membangun ekspektasi upaya respositioning Taman Rekreasi Selecta / Wahyu Fajar Yogi Putranto

Putranto, Wahyu Fajar Yogi (2018) Perancangan katalog ÔÇ£Amazing SelectaÔÇØ melalui eksplorasi manipulasi fotografi digital untuk membangun ekspektasi upaya respositioning Taman Rekreasi Selecta / Wahyu Fajar Yogi Putranto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Utami,Dwi Atining,2018. Struktur Gerak Tari Re RereDi Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Soerjo Wido Minarto, M.Pd. Kata Kunci: struktur gerak, tari Re rere, kesenian rakyat, kabupaten Probolinggo TariRe rere adalah tari khas di desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo terinspirasi dari petani yang sedang memanen padi di sawah. Gerak tari Re rere sederhana dan dilakukan secara berulang-ulang menggambarkan kehidupan para wanita di desa Sumberbulu yang mayoritas sebagai petani untuk mata pencahariannya, properti payung dan kaca mata hitam memiliki arti sebagai peneduh disaat bercocok tanam di sawah.Kesenian tari Re rere telah menjadi ciri khas atau menjadi ikon di Desa Sumberbulu, akan tetapi masyarakat tidak mengerti terhadap keberadaan kesenian tari Re rere tersebut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan struktur gerak tari Re rere di Desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata dan gambar. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap dalam penelitian ini terdiri dari tahap persiapan, tahap penyusunan rancangan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyusunan laporan penelitian. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini adalah struktur gerak tari Re rere terdiri dariunsur gerak kepala, unsur gerak tangan, unsur gerak kaki,unsur gerak badan, tediri darimotif statis dan motif dinamis, ragam gerak danparagraf gerak. Struktur gerak tari Re rere ini yaitu: terdiri dari 6 unsur gerak kepala, 9 unsur gerak tangan, 9 unsur gerak kaki, 5 unsur gerak badan, tediri dari 10 motif statis dan motif dinamis. Tari Re rere juga memiliki 12 ragam gerak dan 3 paragraf gerak. Saran untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo, agar dapat dijadikan sebagai bahan pelengkap dokumentasi pembelajaran tari Re rere. Tari Re rere dapat dikenal serta dicintai oleh masyarakat luas local khususnya di masyarakat Kaupaten Probolinggo agar tetap lestari keberadaannya, untuk peneliti selanjutnya di harapkan bisa melanjutkan penelitian dengan media bahan ajar dan diharapkan dapat melengkapi hasil penelitian ini agar lebih rinci dan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item View Item