Zonasi kesulitan guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 SMAN di Kabupaten Sumenep / Rafikatul Mustarifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Zonasi kesulitan guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 SMAN di Kabupaten Sumenep / Rafikatul Mustarifah

Mustarifah, Rafikatul (2020) Zonasi kesulitan guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 SMAN di Kabupaten Sumenep / Rafikatul Mustarifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perubahan kurikulum yang sering terjadi di Indonesia yakni dari tahun 1947 sampai kurikulum terbaru kurikulum 2013 edisi revisi. Setiap pergantian kurikulum banyak sekali masalah yang timbul dalam dunia pendidikan. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pemahaman guru sebagai ujung tombak pelaksana kurikulum dilapangan sampai pada kurang representatifnya kurikulum itu sendiri dalam menyelesaikan masalah-masalah pendidikan yang terjadi dilapangan (Kusumaningrum 2017). Masalah utama dalam penerapan kurikulum 2013 edisi revisi khususnya bagi guru peminatan sosial di SMA yakni tentang kesiapan dan pemahaman guru dalam mengimplementasikan kurikulum yang ditetapkan secara nasional. Hasil observasi di SMAN di Kabupaten Sumenep menjunkan bahwa masih terdapat guru yang kesulitan dalam perencanaan pembelajaran pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang mengumpulkan informasi mengenai kesulitan yang dialami guru geografi dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi. Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui kesulitan guru geografi dalam pelaksanaan pembelajaran (ii) faktor penyebab kesulitan dalam implementasi kurikulum 2013 edisi revisi (iii) untuk mengetahui pola persebaran kesulitan guru geografi pada implementasi kurikulum 2013. Populasi pada penelitian ini yakni 10 sekolah SMAN yang tersebar di kepulauan dan daratan. Jenis data yang digunakan yakni kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kuesioner terbuka diukur menggunakan skalah sikap dari Likert dan dokumentasi. Teknik analisis dengan mengunakan tabulasi data overlay dan multidimensional scall. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kesulitan guru geografi pada implementasi kurikulum 2013 sebanyak satu sekolah yakni SMAN 1 Sapeken mengalami kesulitan pada perencanaan pembelajaran sedangkan pada evaluasi pembelajran sebanyak tiga sekolah (2) faktor penyebab kesulitan guru geografi pada implementasi kurikulum 2013 diantaranya yakni dari peserta didik yang kurang memiliki semangat belajar dan sarana prasarana sekolah yang kurang memadai (3) Pola persebaran kesulitan guru geografi secara keseluruhan tidak mengalami kesulitan baik sekolah yang berada di kepulauan atau daratan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146875

Actions (login required)

View Item View Item