Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM dengan pendekatan eco-spatial behavior sub materi dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan / Kusuma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM dengan pendekatan eco-spatial behavior sub materi dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan / Kusuma Dewi

Dewi, Kusuma (2020) Pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM dengan pendekatan eco-spatial behavior sub materi dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan / Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dinamika perkembangan abad 21 memberikan tuntutan dan tantangan pada pembelajaran dan pencapaian kompetensi siswa. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran abad 21 kurikulum 2013 yaitu dengan mengembangkan bahan ajar digital. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar digital berbasis Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dengan pendekatan eco-spatial behavior sub-materi Dinamika Kependudukan di Indonesia untuk Perencanaan Pembangunan. Pendekatan yang digunakan dalam bahan ajar akan menghasilkan siswa yang dapat berperilaku ekologis memecahkan masalah berinovasi dan dapat bersaing dalam era digital dan globalisasi. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan ADDIE. Jenis data dalam penelitian pengembangan bahan ajar digital ini dibagi menjadi dua yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dalam penelitian ini diperoleh dari kritik dan saran dari validator maupun responden uji coba. Data kuantitatif dalam penelitian ini berupa skor angka dalam angket yang diperoleh dari validator dan responden uji coba. Teknik analisis data dalam penelitian pengembangan produk bahan ajar digital ini yaitu deskriptif persentase. Produk pengembangan diuji cobakan pada siswa kelas XII IPS 3 MA Al-Ittihad Poncokusumo sebanyak 15 orang. Hasil pengembangan bahan ajar digital memperoleh persentase sebesar 90% dari validator materi 95% dari validator media 95% dari tanggapan guru dan 87% dari tanggapan siswa. Hasil demikian menunjukan bahwa pengembangan bahan ajar digital berbasis STEM dengan pendekatan eco-spatial behavior sub materi dinamika kependudukan di Indonesia untuk perencanaan pembangunan sangat layak digunakan dalam pembelajaran geografi. Saran penelitian lebih lanjut yaitu bahan ajar ini dapat digunakan dalam berbagai penelitian selanjutnya seperti penelitian eksperimen dan tindakan kelas. Penelitian eksperimen untuk mengetahui keefektifan bahan ajar digital. Sedangkan penelitian tindakan kelas untuk mengatasi permasalahan motivasi belajar atau aktivitas belajar siswa. Selain itu produk ini dapat dijadikan referensi pengembangan bahan ajar digital selanjutnya dan referensi pendidik dalam menyiapkan bahan ajar digital.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146870

Actions (login required)

View Item View Item