Perancangan sign system Museum Brawijaya malang Jawa Timur / Maria Firda Worokasih Anggaloka - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan sign system Museum Brawijaya malang Jawa Timur / Maria Firda Worokasih Anggaloka

Anggaloka, Maria Firda Worokasih (2018) Perancangan sign system Museum Brawijaya malang Jawa Timur / Maria Firda Worokasih Anggaloka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Anggaloka Maria Firda Worokasih. 2018. Perancangan Sign System untuk Museum Brawijaya. Skripsi. Progam Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Sumarwahyudi M.Sn dan Andhika Putra Herwanto S.Sn M.Sn. Kata Kunci Sign system Museum Brawijaya Malang Jawa Timur Museum Brawijaya merupakan salah satu museum yang berada di Malang Jawa Timur yang didirikan dengan tujuan membuktikan kepada masyarakat mengenai sejarah perjuangan bangsa khususnya rakyat Jawa Timur yang sejak 1945 secara terus menerus membuktikan dharma baktinya kepada ibu pertiwi. Terdapat kurang lebih 150 benda koleksi di Museum Brawijaya yang disimpan di ruangan-ruangan dalam maupun luar gedung berdasarkan tahun sehingga pengunjung harus menjelajahi Museum Brawijaya dengan alur yang tepat sehingga informasi sejarah didapatkan secara utuh dan jelas. Pada kenyataannya belum terdapat informasi yang lengkap mengenai ruangan maupun alur perjalanan yang jelas di Museum Brawijaya. Perancangan sign system Museum Brawijaya ini menggunakan model prosedural dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan sistematika perancangan milik Bruce Archer sebagai acuan awal perancangan yang kemuadian dikembangkan sesuai dengan kondisi nyata di lapangan sehingga perancangan dapat berjalan efektif efisien dan tepat sasaran. Perancangan ini menghasilkan seperangkat media informasi bagi pengunjung yang diklasifikasikan berdasarkan fungsinya yaitu identification sign operational sign orientation sign direction sign dan regulatory sign yang akan ditempatkan di area Museum Brawijaya. Dari segi visual sign system dirancang agar memiliki kesinambungan dengan tempatnya yaitu dengan benda koleksi kendaraan tempur dan senada dengan identitas Museum Brawijaya sehingga memunculkan karakter museum itu sendiri. Keseluruhan desain akan disusun dan didokumentasikan dalam bentuk buku pedoman desain yang beri tahapan riset dan brainstorming proses visualisasi beserta detail ukuran hingga desain akhir yang diwujudkan dalam implementsi sign ketika ditempatkan di lingkungannya. Desain juga diwujudkan dalam maket salah satu sign system yang terpilih dengan skala perbandingan 1 50 dan miniatur museum yang memunculkan satu segmentasi lokasi dan penempatan sign.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14687

Actions (login required)

View Item View Item