Pengaruh pembelajaran daring dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Sabila Ayu Kuntari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran daring dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Sabila Ayu Kuntari

Kuntari, Sabila Ayu (2020) Pengaruh pembelajaran daring dengan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran geografi siswa kelas XI SMAN 6 Malang / Sabila Ayu Kuntari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model Problem Based Learning (PBL) merupakan model yang dapat membantu peserta didik untuk dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis dinilai penting untuk dimiliki peserta didik dalam pembelajaran kurikulum 2013. Pembelajaran daring memiliki kelebihan yaitu dapat di akses di mana saja dan kapan saja meskipun dalam jarak yang jauh. Model PBL memiliki beberapa kelebihan melalui pembelajaran daring yang dilakukan yaitu (1) Pembelajaran yang dilakukan mendorong siswa menjadi pelajar yang mandiri dan bebas (2) mendorong peserta didik untuk lebih kolaboratif dan kooperatif dalam pengerjaan secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran daring yang dilakukan dengan model PBL dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran geografi di SMAN 6 MALANG. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain posttest only control group. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik yang berada di kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 29. Instrumen tes kemampuan berpikir kritis adalah soal essai yang berjumlah 10 butir. Data hasil posttest diolah melalui beberapa tahap yaitu dengan bantuan software SPSS yaitu uji normalitas uji homogenitas sebagai uji prasyarat selanjutnya dilakukan uji-t sebagai uji hipotesis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil yaitu signifikansi sebesar 0 02 yang berarti kurang dari 0 05. Hasil nilai rata rata posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada nilai rata rata kelas kontrol. Rata rata nilai kelas eksperimen adalah 77 07 dan nilai rata rata kelas kontrol adalah 72 38 artinya setelah adanya perlakuan dengan model PBL yang dilakukan secara daring terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI pada mata pelajaran geografi di SMA Negeri 6 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146869

Actions (login required)

View Item View Item