pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar geografi siswa ips kelas x,xi,xii di pondok pesantren ar-rohmah dau malang / muhammad nurhadi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar geografi siswa ips kelas x,xi,xii di pondok pesantren ar-rohmah dau malang / muhammad nurhadi

Nurhadi, Muhammad Nurhadi (2021) pengaruh motivasi belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar geografi siswa ips kelas x,xi,xii di pondok pesantren ar-rohmah dau malang / muhammad nurhadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lembaga Pendidikan pesantren sebagai yang mengadobsi Pendidikan Islam sebagai salah satu cara untuk mewujudkan tujuan Pendidikan nasional. Pendidikan agama tentunya nerupakan salah satu pelajaran yang wajib hadir dan dipelajar disetiap kerikulum Lembaga Pendidikan formal di Indonesia. Penentuan peningkatan Pendidikan dapat dilihat dari hasil belajar siswa untuk mengukur seberapa berhasilnya siswa dalam mengetahui pelajaran motivasi dan kebiasaan belajar merupakan faktor ekstrenal yang mempengaruhi hasil belajar. Motivasi belajar untuk mengetahui dorongan dalam diri siswa sedangkan kebiasaan untuk mengetahui langkah siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei yakni penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data dari populasi tertentu yang bersifat alamiah. Tujuan dari penelitian ini yakni diharapkan dapat memberikan manfaat pada guru geografi sebagai bahan evaluasi dalam pembelajaran selain itu memberikan inovasi pembelajaran guna mengoptimalkan dalam proses pembelajaran dan memberikan manfaat bagi para peneliti mengetahui kondisi siswa yang berada didalam pondok pesantren sebagai bekal pengetahuan sebelum penelitian. Populasi dalam penelitian yakni siswa kelas X XI XII di pondok pesantren Ar-rohmah dau Malang. Jenis data yang digunakan yakni kuantitatif dengan Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi observasi wawancara dan kuesioner terbuka diukur menggunakan skala sikap dari Likert dan dokumentasi. Teknik analisis dengan menggunakan analisis deskriptif uji asumsi klasik analisis regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Ar-rohmah kelas X XI XII Dau Malang (2) kebiasaan belajar tidak memberikan pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Ar-rohmah kelas X XI XII Dau Malang (3) motivasi belajar dan kebiasaan belajar memberikan pengaruh terhadap hasil belajar geografi siswa SMA Ar-rohmah kelas X XI XII Dau Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146861

Actions (login required)

View Item View Item