pengembangan sumber belajar dinamos (dinamika atmosfer on smartphone) berbasis android dalam pembelajaran geografi kelas x / iva ekstyarin - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan sumber belajar dinamos (dinamika atmosfer on smartphone) berbasis android dalam pembelajaran geografi kelas x / iva ekstyarin

Ekstyarin, Iva Ekstyarin (2021) pengembangan sumber belajar dinamos (dinamika atmosfer on smartphone) berbasis android dalam pembelajaran geografi kelas x / iva ekstyarin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ekstyarin Iva. 2021. Pengembangan Sumber Belajar Dinamos Berbasis Android Pada Pembelajaran Geografi Kelas X. Jurusan S1 Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dr. Dwiyono Hari Utomo M.Pd M.Si. (2) Drs. I Komang Astina Ph. D Kata Kunci sumber belajar dinamos android Sumber belajar memegang peran penting dalam proses pembelajaran yang harus dipenuhi. Merujuk pada pola pendekatan dan prinsip Kurikulum 2013 diperoleh kriteria sumber belajar yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Diantara kriteria tersebut adalah 1) sumber belajar yang digunakan peserta didik dapat mendorong proses belajar di mana saja dan kapan saja 2) sumber belajar dapat menuntun peserta didik melalui pendekatan saintifik 5M 3) dan sumber belajar tersebut dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital masa kini. Tujuan dari penulisan dan pengembangan ini adalah menghasilkan sumber pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran Geografi kelas X materi dinamika atmosfer. Model pengembangan yang digunakan merupakan model ADDIE. Subjek uji coba adalah guru dan peserta didik kelas X L1 dan X K1 jurusan Ips SMAN 5 Malang. Instrumen pengumpul data yang digunakan berupa angket dan lembar penilaian oleh validator. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk sumber belajar yang dinamakan Dinamos. Di dalamnya terdapat 3 fitur yakni materi latihan soal dan glosarium. Berdasarkan hasil uji coba individu dan kelompok Dinamos memperoleh skor sebesar 91%. Persentase tersebut menunjukkan produk masuk dalam klasifikasi sangat valid. Produk dengan kategori sangat valid tidak lagi membutuhkan pengkajian ulang. Sumber belajar yang dikemas secara elektronik memudahkan peserta didik untuk melakukan interaksi dengan sumber belajar tersebut kapan pun dan dimanapun. Hal ini menjadikan proses belajar dapat terjadi secara lebih flexible.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146859

Actions (login required)

View Item View Item