Nuroh, Lailatun Nuroh (2021) pengaruh penggunaan media pembelajaran arvolcano terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas x sman 1 talun kabupaten blitar pada materi vulkanisme / lailatun nuroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran ARVolcano merupakan media dengan aplikasi Augmented Reality yang memuat materi vulkanisme meliputi proses pembentukan gunungapi macam-macam erupsi dan tipe-tipe erupsi gunungapi. Aplikasi ini disertai dengan buku penunjang yang berfungsi sebagai marker dan memperkuat materi yang disajikan. Media ARVolcano memiliki keunggulan yaitu dapat menampilkan materi pembelajaran 3D yang seolah-olah nyata desain menarik dan dirancang dengan memanfaatkan perkembangan teknologi serta dapat membuat proses pembelajaran lebih interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media pembelajaran ARVolcano terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Talun Kabupaten Blitar pada materi vulkanisme. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Talun dengan subjek penelitian kelas X IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Jumlah siswa dalam 1 kelas yaitu 35 untuk kelas kontrol dan 36 untuk kelas eksperimen. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa yakni tes essay sebanyak lima soal. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Data yang diolah berasal dari hasil pretes dan postes kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata gain score kelas eksperimen 28 50 dan kelas kontrol 14 28. Hasil uji hipotesis terhadap kemampuan berpikir tingkat kritis diperoleh nilai 0 033 lt 0 05 sehingga dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran ARVolcano terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Talun pada materi vulkanisme. Dengan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini maka terdapat saran sebagai berikut 1) Guru geografi disarankan menggunakan media pembelajaran interaktif untuk membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 2) Bagi peneliti lainnya disarankan menggunakan media pembelajaran dengan teknologi Augmented Reality pada materi lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/146858 |
Actions (login required)
View Item |