Mauludiyah, Alfi Mauludiyah (2021) Pengaruh pbl berbantuan edmodo terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi siswa sma / ALFI MAULUDIYAH. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kemampuan pemecahan masalah geografi perlu dimiliki oleh setiap siswa dan dapat dikembangkan dengan mengimplementasikan model PBL karena mampu melatih kemampuan pemecahan masalah melalui langkah-langkah model PBL berdasarkan permasalahan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan model PBL berbantuan Edmodo (PBL_Ed) terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi siswa SMA. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian posttest only control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Laboratorium UM semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen penilaian menggunakan tes essay disusun berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah terdiri atas 1) mengidentifikasi masalah 2) mendefinisikan masalah 3) mencari solusi alternatif 4) menentukan solusi yang tepat dan 5) menyimpulkan atas apa yang telah diperoleh. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model uji independent sample t-test dengan taraf sig 0 05. Hasil analisis uji t menunjukkan nilai probabilitas (sig. 2-tailed) sebesar 0 003 0 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model PBL berbantuan edmodo (PBL_Ed) terhadap kemampuan pemecahan masalah geografi siswa SMA. Kelas eksperimen menggunakan model PBL berbantuan edmodo (PBL_Ed) memiliki kemampuan pemecahan masalah geografi lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/146855 |
Actions (login required)
View Item |