Nisa, Kamilatun Nisa (0000) Model pembelajaran earthcomm pada mata pelajaran geografi: pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir spasial siswa sma / Kamilatun Nisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah dapat mengetahui pengaruh model pembelajaran EarthComm pada mata pelajaran geografi terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan menerapkan post test only control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa 11 IPS 2 SMAN 1 Sooko Mojokerto sebagai kontrol dan 11 IPS 4 SMAN 1 Sooko Mojokerto sebagai kelas eksperimen yang ditentukan secara acak. Teknik pengumpulan data diperoleh dari lembar tes kemampuan berpikir spasial yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Soal tes dirancang sesuai indikator kemampuan berpikir spasial dan materi geografi. Analisis yang digunakan menggunakan uji Mann Whitney berbantuan SPSS 26.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi .000 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar (76.58) dibanding kelas kontrol (66.61). Penelitian ini disimpulkan bahwa model pembelajaran EarthComm pada mata pelajaran geografi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa SMA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/146852 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |