Perbandingan model problem based learning dan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis mata pelajaran geografi (suatu kajian literatur) / Randy Agung Widilaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model problem based learning dan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis mata pelajaran geografi (suatu kajian literatur) / Randy Agung Widilaksono

Widilaksono, Randy Agung Widilaksono (0000) Perbandingan model problem based learning dan discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis mata pelajaran geografi (suatu kajian literatur) / Randy Agung Widilaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Widilaksono Randy Agung Perbandingan Model Problem Based Learning dan Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Mata Pelajaran Geografi. Skripsi Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi M.Pd.(II) Dra. Yuswanti Ariani Wirahayu M.Si Kata Kunci Discovery Learning Problem Based Learning Berpikir Analitis Pembelajaran geografi merupakan salah satu mata pelajaran yang membutuhkan model pembelajaran yang interaktif hal ini ditujukan untuk menunjang penyerapan materi kepada siswa model yang dapat membantu siswa dalam menyerap pembelajaran dengan baik adalah Discovery Learning dan Problem Based Learning. Kedua model pembelajaran ini dipilih karena keefektifannya oleh karena itu peneliti memilih untuk membandingkan kedua model ini. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan keefektifan pembelajaran. Penelitian ini termasuk penelitian narrative review peneliti menggunakan jenis penelitian ini dikarenakan pada proses penelitian lapangan peneliti tidak dapat bertatap muka langsung terhadap siswa sehingga jenis penelitian yang terbaik untuk dilakukan adalah jenis penelitian narrative review. Peneliti menggunakan beberapa jenis sampel penelitian untuk membandingkan model mana yang memiliki tingkat keefektifan yang lebih baik. Discovery Learning memiliki beberapa sintaks yang harus dipenuhi yaitu 1) stimulation 2) problem statement 3) data collection data processing dan 6) generalization. Kemudian Problem Based Learning (1) orientasi siswa pada masalah (2) mengorganisasi siswa untuk belajar (3) membimbing penyelidikan individu atau kelompok (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) menganalisis atau mengevaluasi proses pemecahan masalah. Data yang digunakan untuk penelitian narrative review menggunakan dua penelitian yang sudah terverifikasi kevalidannya sehingga hasil penelitian ini dapat dipertanggungjawabkan kevalidannya. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil keefektifan hasil pembelajaran dengan nilai model pembelajaran Problem Based Learning dengan nilai 0 852 yang melebihi alpha (0 05) yang berarti model pembelajaran lebih mengarah pada model Problem Based Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/146847

Actions (login required)

View Item View Item