Desain kemasan jamu herbal Violink sebagai peningkatan citra produk / Yohantha Rizkiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Desain kemasan jamu herbal Violink sebagai peningkatan citra produk / Yohantha Rizkiyanti

Rizkiyanti, Yohantha (2018) Desain kemasan jamu herbal Violink sebagai peningkatan citra produk / Yohantha Rizkiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Rizkiyanti Yohantha. 2018. Desain Kemasan Jamu Herbal VioLink Sebagai Peningkatan Citra Produk. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Pujiyanto M.Sn (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn M.Sn Kata Kunci Desain Kemasan Jamu Herbal Citra Produk VioLink adalah salah satu produk UKM unggulan di Kota Malang yang memproduksi sebuah jamu herbal instan berbentuk bubuk jamu yang diolah secara tradisional oleh seorang pengolah jamu bernama Ibu Diana. Pemilik usaha kecil VioLink yang berada di jalan Artowijoyo kelurahan Mulyorejo Kota Malang ini sudah hampir 3 tahun menjual produk jamu. Kemasan pada produk VioLink masih sangat jauh dari kata menarik karena desain masih sangat minim sekali. Produk VioLink juga masih belum mempunyai media promosi yang pasti. Kota Malang semakin banyak industri rumah tangga yang mulai bermunculan dan persaingan pun akan mungkin terjadi. Banyak produk yang lebih uggulan dan memiliki citra dan daya tarik yang sangat tinggi. Maka dari itu pengembang memikirkan bagaimana mengembangkan sebuah konsep desain kemasan dan menghasilkan kemasan jamu herbal VioLink untuk meningkatkan citra dan nilai jual produk. Model yang digunakan dalam pengembangan ini adalah 4D yaitu define design develop dan disseminate yang dikembangkan oleh Thiagarajan dkk. Dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif dan analisis data SWOT. Melaui hasil proses pengumpulan data wawancara observasi dokumentasi dan kuisioner. Desain kemasan dikembangkan sesuai dengan teori pengembangan prinsip desain kemasan dan berbagai aspek yang berkaitan dengan desain kemasan. Bedasarkan hasil analisis data penelitian dan pembahasan dapat dikatakan pengembangan desain kemasan produk VioLink dapat meningkatkan citra produk dan nilai jual produk. Kegiatan pengembangan dimulai dengan wawancara dan observasi dengan mendatangi langsung pemilik produk VioLink dengan tujuan mendapatkan lebih banyak data untuk pengembangan kemasan. Selanjutnya pengembang melakukan validasi pada produk dengan cara membagikan kuisioner kepada pelanggan atau pengunjung yang membeli produk VioLink. Dari hasil validasi yang dilakukan pengembang sebagian besar orang tertarik dengan pengembangan kemasan jamu herbal VioLink. Selain desainnya yang menarik penataan/layoutnya lebih tertata sehingga orang yang melihat tertarik. Dari segi warna kemasan pun masyarakat setuju bahwa warna sudah cocok dan sesuai dengan varian rasa dan produk VioLink itu sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14680

Actions (login required)

View Item View Item