Perancangan Media Komunikasi Visual Intellectual Property ÔÇ£TuraÔÇØ sebagai Penerapan Pull Strategi Promosi Bidang Animasi / Stormy Yudo Prakoso

Prakoso, Stormy Yudo (2018) Perancangan Media Komunikasi Visual Intellectual Property ÔÇ£TuraÔÇØ sebagai Penerapan Pull Strategi Promosi Bidang Animasi / Stormy Yudo Prakoso. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Prakoso, Stormy Yudo. 2018. Perancangan Media Komunikasi Visual Intellectual Property ÔÇ£TuraÔÇØ sebagai Penerapan Pull Strategi Promosi Bidang Animasi. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Pujiyanto, M.Sn, (II) Andi Pramono, S.Kom, M.T. Kata Kunci : intellectual property, pull strategi, promosi, animasi. Di Indonesia, industri IP atau Intellectual property pada bidang animasi masih kesulitan untuk dapat bersaing dengan produk internasional. Biaya pembuatannya yang sangat tinggi, dan lamanya waktu produksi menjadi faktor utama susah berkembangnya industri intellectual property di Indonesia. Maka dengan faktor tersebut diperlukan sebuat strategi yang tepat, dan sesuai untuk mengambangkan industri ini dengan cara mencontoh strategi dari beberapa produsen dari negara lain yang juga minim biaya, dan investor yaitu menggunakan strategi pull promosi. Pull strategi adalah sebuah strategi marketing yang memiliki upaya menciptakan loyalitas merek dan membuat pelanggan datang kembali dengan taktik yang umum yaitu dengan promosi mulut ke mulut terarah, dan penjualan melaui iklan yang bertujuan membuat pelanggan mendatangai merek. Pull strategi dalam industry animasi yang telah umum dilakukan oleh kreator dari negara lain, contoh kesuksesan adalah anime jepang, umumnya di jepang seluruh konten intellectual property melakukan pull strategi dengan memproduksi dan menjual produk dengan biaya rendah seperti aksesoris, merchandise, komik, dll kemudian setelah berhasil menarik penggemar maka kreator akan melanjutkan produknya menjadi lebih besar seperti serial anime, hingga film panjang. Media komunikasi visual ini dibuat tidak hanya bertujuan sebagai media promosi saja, melainkan juga sebagai produk yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi yang dapat membantu produk utama dari intellectual property ÔÇ£turaÔÇØ. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural, yaitu model perancangan yang bersifat deskriptif dimana menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti dalam menghasilkan sebuah produk dimana perancangan ini dimulai dari mengumpulkan data, berdasarkan kajian teori dan perencanaan kreatif, identifikasi dan analisis data, sintesis, konsep perancangan media dan perencanaan kreatif, proses perancangan produksi hingga desain final. Perancangan ini menghasilkan sebuah media komunikasi visual yang terdiri 4 (empat) jenis produk yaitu: action figure, merchandise, komik, dan sticker. Kemudian terdapat 5 (lima) jenis media pendukung yang masing-masing mendukung setiap produk-produk pada media utama yaitu video promo action figure, video promo merchandise, video promo komik, X-banner, dan akun social media marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14677

Actions (login required)

View Item View Item