Redesign Kemasan Sebagai Peningkatan Citra Produk Tahu Bakso Bu Pudji Kabupaten Semarang / Qolbiya Ahsanul Hanifah

Hanifah, Qolbiya Ahsanul (2018) Redesign Kemasan Sebagai Peningkatan Citra Produk Tahu Bakso Bu Pudji Kabupaten Semarang / Qolbiya Ahsanul Hanifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hanifah, Qolbiya Ahsanul. 2018. Redesign Kemasan Sebagai Peningkatan Citra Produk Tahu Bakso Ibu Pudji Kabupaten Semarang. Skripsi. Progam Studi Desain Komunikasi Visual. Jurusan Seni dan Desain. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Pujiyanto, M.Sn dan Andhika Putra Herwanto, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: Kemasan, Redesign, Tahubaxo, Ibu Pudji Tahu bakso merupakan makanan olahan antara campuran tahu dengan bakso. Tahubakso adalah salah satu makanan khas Kabupaten Semarang, dengan salah satu mereknya yang paling terkenal yaitu Tahubaxo Ibu Pudji. Sebagai merek yang terkenal Tahubaxo perlu menyuguhkan kualitas yang baik melalui produk dan juga kemasannya. Namun saat ini kemasan Tahubaxo Ibu Pudji belum menyuguhkan kualitas tersebut dikarenakan kemasan Tahubaxo Ibu Pudji belum memenuhi unsurunsur dasar desain kemasan. Logo Tahubaxo Ibu Pudji sulit diaplikasikan dengan media kemasan yang dikembangkan, selain itu warna kemasan Tahubaxo Ibu Pudji memiliki warna yang familiar dengan kemasan tahu bakso lain yang ada diwilayah Kabupaten Semarang. Dengan warna yang familiar, masyarakat akan sulit membedakan antara kemasan Tahubaxo Ibu Pudji dengan kemasan tahu bakso yang lain apabila tidak diteliti dengan baik pada bagian logo dan merek kemasan. Untuk memudahkan masyarakat untuk membedakan kemasan Tahubaxo Ibu Pudji dengan produk tahu bakso yang lain, variasi warna pada kemasan diperlukan. Dengan kemasan yang sesuai dengan unsur-unsur desain kemasan, maka pesan yang terdapat pada kemasan akan tersampaikan dengan baik dan dapat meningkatkan citra produk Tahubaxo Ibu Pudji. Untuk mendukung proses perancangan, diperlukan data berkaitan dengan informasi produk. Data-data tersebut akan dicari melalui metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumen. Untuk meningkatkan citra produk, dibutuhkan pula media pendukung berupa media cetak dan media social. Media pendukung berfungsi sebagai sarana informasi yang berkaitan dengan produk. Media cetak yang dibutukan antara lain: poster, x-banner, plastic bag, dan flyer. Sedangkan media social yang dibutuhkan yaitu facebook dan Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14672

Actions (login required)

View Item View Item