Perancangan e-book "Nguliner Gresik" tentang informasi kuliner khas Gresik / Ratna Tri Maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan e-book "Nguliner Gresik" tentang informasi kuliner khas Gresik / Ratna Tri Maharani

Maharani, Ratna Tri (2018) Perancangan e-book "Nguliner Gresik" tentang informasi kuliner khas Gresik / Ratna Tri Maharani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Maharani Ratna Tri. 2018. Perancangan E-book Nguliner Gresik Tentang Informasi Kuliner Khas Gresik. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I). Drs. Sumarwahyudi M.Sn (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn M.Sn Kata Kunci E-book Buku Kuliner KulinerKhas Gresik Wisata Kuliner Gresik memiliki potensi wisata yang layak untuk dikunjungi dan diketahui keberadaannya salah satunya adalah wisata kuliner. Tak banyak masyarakat yang mengenal kuliner khas Gresik dan dikhawatirkan kuliner khas Gresik menjadi punah dan tidak ada yang mengetahuinnya. Maka diciptakan sebuah media berupa buku elektronik (e-book) yang memuat informasi mengenai kuliner khas Gresik agar dapat mengurangi kemungkinan kepunahannya dan kuliner khas Gresik tetap dikenal oleh banyak orang. Selain itu e-book dapat membantu promosi wisata kuliner khas yang ada di Gresik. Sebuah perancangan dimulai dari sebuah proses riset penelitihan terhadap objek kemudian dilanjutkan dengan proses identifikasi data tahap selanjutnya adalah menentukan konsep desain dari hasil data yang diperoleh. E-book dibuat berdasarkan teori yang digunakan yang dimana teori tersebut menunjang dalam pembuatan e-book kuliner. Pada perancangan ini menggunakan metode perancangan yang bersifat kualitatif. Data yang diperoleh merupakan data-data yang diambil langsung dari sumber. Tujuan dari dipilihnya metode kualitatif agar perancangan ini bisa menceritakan gambaran tentang kondisi dan situasi langsung yang dilapangan secara singkat efektif dan jelas. Data yang diperoleh bersumber dari observasi dilokasi dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan.Tahapan dalam proses perancangan e-book meliputi mengidentifikasi latar belakang masalah yang kemudian tercipta tujuan dari perancangan. Kemudian melakukan pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi yang dimana setelah proses ini dilakukan analisis data. Analisis data merupakan proses pengolahan data yang menjadi dasar perancangan. Proses selanjutnya adalah sintesis yang merupakan merangkum data analisis yang kemudian disinkronisasi dengan teori. Konsep perancangan dibagi menjadi dua yaitu verbal dan visual dan final desain merupakan tahap akhir yang menghasilkan produk perancangan. Perancangan membuahkan hasil berupa e-book yang berjudul Nguliner Gresik yang membahas tentang kuliner khas Gresik yang berisi penjelasan dan informasi kuliner. E-bookmerupakan media utama dari perancangan ini sedangkan media pendukung berupa sosial media yang terdiri dari instagram dan facebook poster brosur x-banner t-shirt dan mug. Yang dimana dalam media tersebut memberikan link dan QR code yang merujuk pada halaman website e-book.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item View Item