Analisis cover "Majalah Komunikasi UM" edisi Januari-Desember tahun 2016-2017 / Dennaya Cintya Danastri

Danastri, Dennaya Cintya (2018) Analisis cover "Majalah Komunikasi UM" edisi Januari-Desember tahun 2016-2017 / Dennaya Cintya Danastri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

vi RINGKASAN Danastri, Dennaya Cintya. 2018. Analisis Cover ÔÇÿMajalah Komunikasi UMÔÇÖ Edisi Januari-Desember Tahun 2016-2017. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Robby Hidajat, M.Sn., (II) Drs. Sarjono M,Sn. Kata Kunci: majalah, cover, perwajahan, semiotika Sampul buku atau yang biasa disebut dengan cover mempunyai peranan penting pada majalah sebagai pelindung lembaran di dalamnya. Selain itu cover juga memiliki fungsi lain untuk merepresentasikan isi yang terkandung dalam majalah tersebut. Cover yang didesain dengan unik dan menarik, memiliki nilai estetika tersendiri yang dapat menumbuhkan minat konsumen untuk membeli, membuka, dan membaca majalah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan konsep cover, (2) menguraikan gaya desain cover, (3) menguraikan tanda-tanda perwajahan pada setiap edisi ÔÇÿMajalah Komunikasi UMÔÇÖ terbitan 2016-2017. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan hal-hal yang dapat mempengaruhi cover dan mengomunikasikan isi pesan dari cover tersebut. Selain itu juga akan menemukan perkembangan pada cover ÔÇÿMajalah Komunikasi UMÔÇÖ edisi Januari-Desember tahun 2016- 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif digunakan karena objek penelitian tidak berubah dari awal hingga akhir penelitian. Pendekatan deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan konsep, gaya desain, dan tanda-tanda perwajahan pada cover ÔÇÿMajalah Komunikasi UMÔÇÖ tahun 2016-2017. Kemudian menggunakan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis tanda-tanda perwajahan pada cover majalah tersebut. Pada akhirnya segi penyajian data yang dihasilkan berupa analisis secara detail. Hasil penelitian ini memaparkan bahwa cover ÔÇÿMajalah Komunikasi UMÔÇÖ tahun 2016-2017 memiliki konsep tematik yang menyesuaikan dengan tema atau pokok pikiran tertentu berdasarkan pokok pembicaraan yang sesuai dengan peristiwa atau waktu yang sedang berlangsung. Gaya desain yang digunakan pada berbagai edisi bervariasi mulai dari flat design, flat line design, isometric design, custom graphic and illustration, dan material design. Pada tanda-tanda perwajahan yaitu warna, ilustrasi, dan tipografi dianalisis melalui dua tahapan dengan makna denotasi dan konotasi dari teori semiotika Roland Barthes. Warna yang sering digunakan pada majalah tersebut adalah full color dengan format CMYK. Ilustrasi yang digambarkan di cover setiap edisi cukup dapat menjelaskan berita di dalamnya, namun gaya ilustrasi yang ditampilkan selalu berbeda. Tipografi pada cover majalah ini terdapat lambang, logo, headline, subheadline, slogan, dan sebagian besar jenis tipografi yang digunakan adalah Sans Serif. Pada akhir skrisi ini dapat disimpulkan bahwa cover ÔÇÿMajalah Komunikasi UMÔÇÖ edisi Januari-Desember tahun 2016-2017 ini tidak memiliki ciri khas. Hal ini disebabkan karena tidak ada peraturan tertentu pada desain cover. Oleh karena itu, gaya desain, ilustrasi, warna, dan tipografi selalu berubah kecuali lambang, logo, dan slogan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14667

Actions (login required)

View Item View Item