Identifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong minat mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang dalam memprogram skripsi pada tahun akademik 2017/2018 / Angelia Lionardi

Lionardi, Angelia (2018) Identifikasi faktor internal dan faktor eksternal yang mendorong minat mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang dalam memprogram skripsi pada tahun akademik 2017/2018 / Angelia Lionardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Lionardi, Angelia. 2018. Identifikasi Faktor Internal dan Faktor Eksternal yang Mendorong Minat Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Malang Dalam Memprogram Skripsi Pada Tahun Akademik 2017-2018. Skripsi. Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Pujiyanto, M.Sn, (II) Drs. Sarjono, M.Sn. Kata kunci : identifikasi, skripsi, minat, faktor internal, faktor eksternal, mahasiswa, Desain Komunikasi Visual, perancangan, pengembangan, penelitian Skripsi merupakan tugas akhir yang wajib oleh mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Negeri Malang (UM). Skripsi dibuat sebagai syarat untuk memperoleh gelar kesarjanaan. Faktor pendorong mahasiswa dalam memilih jenis skripsi ini akan diidentifikasi dari segi minat internal dan segi minat eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini membahas tentang apa saja faktor internal (dalam diri mahasiswa) dan faktor eksternal (dari luar diri mahasiswa) yang mendorong minat mahasiswa DKV UM dalam memilih jenis skripsi baik skripsi perancangan, skripsi pengembangan, dan skripsi penelitian. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa faktor internal yang mendorong minat mahasiswa Prodi S1 DKV UM untuk memilih jenis skripsi antara lain: 1) Motivasi mahasiswa Prodi DKV UM yang tinggi untuk berkarya; 2) Motivasi mahasiswa Prodi DKV UM yang rendah untuk menulis karya ilmiah; dan 3) Skill/bakat/hobi yang dimiliki oleh mahasiswa Prodi DKV UM. Faktor eksternal yang mendorong minat mahasiswa terdiri atas faktor sosial dan faktor non sosial. Faktor sosial yang mendorong mahasiswa Prodi DKV UM memilih jenis skripsi antara lain 1) Kondisi lingkungan pasar/market DKV di Indonesia (utama); dan 2) Peran teman sebaya di Prodi DKV UM dalam memberi masukan skripsi (pendukung). Faktor non sosial yang mendorong minat mahasiswa dalam memilih jenis skripsi adalah 1) Kurikulum 2012 yang mengatur porsi matakuliah praktik lebih banyak daripada matakuliah teori dan sistem penilaian skripsi yang berlaku; dan 2) Fasilitas pustaka berupa skripsi terdahulu di Prodi DKV UM. Penelitian ini tidak membahas tentang seberapa jauh pengaruh yang disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal ini dalam pemilihan skripsi oleh mahasiswa DKV UM sehingga hasil penelitian ini masih dapat dikembangkan kembali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14660

Actions (login required)

View Item View Item