Perancangan Buku Desain Karakter 3 Dimensi Pada Cerita Arjuna Wiwaha / Irfani Aziz - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan Buku Desain Karakter 3 Dimensi Pada Cerita Arjuna Wiwaha / Irfani Aziz

Aziz, Irfani (2018) Perancangan Buku Desain Karakter 3 Dimensi Pada Cerita Arjuna Wiwaha / Irfani Aziz. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aziz Irfani. 2017. Perancangan Buku Desain Karakter 3 Dimensi Pada Cerita Arjuna Wiwaha. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd (II) Dimas Rifqi Novica S.Sn M.Ds. Kata Kunci Perancangan Buku Desain Karakter 3 Dimensi Cerita Arjuna Wiwaha. Arjuna adalah salah satu tokoh karakter pewayangan yang ada dalam cerita Arjuna Wiwaha. Pembuatan buku desain karakter 3 Dimensi ini adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengembangkan dan mempopulerkan karakter yang ada dalam cerita Arjuna Wiwaha kedalam bentuk 3 Dimensi. Karena sekarang cerita wayang atau desain karakter yang bertemakan budaya lokal Indonesia semakin kurang popular dikarenakan banyak masuknya budaya dari luar negeri. Untuk komik atau desain karakter yang bertemakan budaya lokal di Indonesia masih sedikit kebanyakan menggunakan style manga dari Jepang. Sehingga diharapkan dengan pembuatan buku desain karakter 3 dimensi pada cerita Arjuna Wiwaha ini dapat mempopulerkan kembali karakter atau cerita ini dikalangan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan model prosedural yang bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Sumber-sumber data diperoleh dari hasil studi kepustakaan hasil observasi dan hasil wawancara. Aplikasi yang digunakan dalam merancang karakter 3 Dimensi ini adalah Blender 3D dan Adobe Photoshop. Proses perancangan karakter 3 Dimensi ini melalui 3 tahapan perancangan. Yang pertama yaitu pra produksi yang berisi pengumpulan data analisis data konsep desain karakter. Yang kedua adalah produksi yang berisi hasil konsep desain modeling karakter pewarnaan dan pemberian bone karakter. Dan ketiga adalah pasca produksi yang berisi melayout atau memasukan hasil desain karakter 3 Dimensi yang sudah jadi kedalam buku. Perancangan ini menghasilkan sebuah buku dengan judul Buku Desain Karakter 3 Dimensi Pada Cerita Arjuna Wiwaha dengan ukuran A4 artpaper. Selain buku juga menghasilkan media pendukung seperti x-banner Stiker sebagai penunjang proses promosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14657

Actions (login required)

View Item View Item