Perancangan Ilustrasi Kepala Hewan Sebagai Desain Baju Pada Reign Clothing / Riyo Putrananto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan Ilustrasi Kepala Hewan Sebagai Desain Baju Pada Reign Clothing / Riyo Putrananto

Putrananto, Riyo (2018) Perancangan Ilustrasi Kepala Hewan Sebagai Desain Baju Pada Reign Clothing / Riyo Putrananto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putrananto Riyo. 2017. Perancangan Ilustrasi Kepala Hewan Sebagai Desain Baju Pada Reign Clothing. Skripsi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didiek Rahmanadji Drs. M. Pd. (II) Abdul Rahman Prasetyo S. Pd. M. Pd. Kata Kunci ilustrasikepala hewan desain baju Reign Clothing Ilustrasi adalah produk dari Desain Komunikasi Visual yang efektif untuk menjadi solusi dari sebuah permasalahan khususnya pada Reign Clothing yang berperan sebagai desain baju. Variabel kepala hewan sebagai desain baju yang dipilih adalah ilustrasi kepala hewan berikut (1) Badak (2) Bulldog (3) Burung Cinta (4) Kelelawar vampir (5) Singa (6) Tikus got. Variabel hewan dipilih secara khusus dengan latar belakang segmen tertentu dan menonjolkan masing-masing potensi dari variabel hewan. Media yang digunakan sebagai produk adalah kain yang merupakan bahan utama dari sebuah baju atau kaos. Metode reprografis yang digunakan adalah metode reprografi cetak saring atau sablon. Ilustrasi hasil perancangan akan di cetak menggunakan sablon pada media baju atau kain sehingga ilustrasi dirancang dan dipersiapkan secara khusus untuk cetak saring atau sablon pada kain. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan ini adalah model perancangan prosedural dari Sadjiman Ebdi Sanyoto. Metode perancangan prosedural menggunakan tahap yang sistematis terstruktur berurutan dan logis dalam mencapai hasil atau penyelesaian masalah. Dalam proses perancangan ilustrasi hingga proses pencetakan menggunakan tahapan sebagai berikut (1) Layout gagasan (2) Layout kasar (3) Layout lengkap (4) Hasil desain (5) Metode reprografis (6) Mockup. Alat pendukung yang digunakan dalam menghasilkan ilustrasi adalah software komputer Adobe Illustrator CS6 buku gambar A5 serta pensil dan aplikasi smartphone Adobe Draw. Hasil akhir dari perancangan ini berupa ilustrasi kepala hewan yang siap cetak menggunakan metode cetak saring atau sablon khususnya pada media kain. Ilustrasi kepala hewan ini juga merupakan ilustrasi asli yang berkompeten dan mampu bersaing di dunia industri khususnya industri baju distro. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menjadikan industri lokal lebih berkompeten untuk bersaing dengan industri interlokal dengan mengedepankan kepentingan industri serta unsur produk baju yang dirancang sesuai dengan bahasan Desain Komunikasi Visual yang bersifat asli dan tidak membajak pihak lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14654

Actions (login required)

View Item View Item