Perancangan buku ilustrasi legenda Wae Rebo berbasis digital painting / Heru Setya Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku ilustrasi legenda Wae Rebo berbasis digital painting / Heru Setya Pratama

Pratama, Heru Setya (2018) Perancangan buku ilustrasi legenda Wae Rebo berbasis digital painting / Heru Setya Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK S. Pratama Heru. 2017. Perancangan Buku Ilustrasi Legenda Wae Rebo Berbasis Digital Painting. Skripsi. Program Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn (2) H. J. Hendrawan S.Sn M.Ds Kata Kunci Buku Ilustrasi Legenda Wae Rebo Digital Painting Legenda merupakan salah satu aset kearifan lokal dan budaya yang harus dilestarikan dengan baik sehingga nantinya dapat menjadi warisan penting yang dapat menjadi bukti bahwa hal itu memang pernah ada di negeri ini. Di Pulau Flores tepatnya di daerah Kabupaten Manggarai terdapat sebuah kampung adat tradisional bernama Wae Rebo. Meskipun unik dan menarik hingga telah dikenal secara mendunia namun pada kenyataannya hanya segelintir masyarakat lokal kita yang sedikit atau bahkan tidak mengetahui sama sekali tentang kampung ini. Atas dasar permasalahan yang ada perancangan ini dibuat untuk menghasilkan sebuah media visual berupa buku ilustrasi tentang legenda Wae Rebo mengenalkannya kepada masyarakat luas khususnya pada audien pada rentan usia antara 20-30 tahun. Metode yang digunakan adalah metode perancangan prosedural yakni dengan langkah-langkah yang sistematis terstruktur berurutan dan logis. Dimulai dari identifikasi masalah mengumpulkan dan menganalisis data sintesis konsep dan program perancangan serta evaluasi dan final desain. Hasil dari perancangan ini menghasilkan buku ilustrasi yang menggunakan teknik digital painting dengan legenda Wae Rebo sebagai basis cerita utamanya. Setelah melalui tahapan perancangan maka dihasilkan dua media promosi yaitu online dan offline yaitu media online berupa Instagram serta media offline berupa Poster X-banner Comic Ads Penanda Buku Sticker dan Gantungan Kunci. Cerita Legenda Wae Rebo memiliki nilai moral yang cukup penting tentang bagaimana keserakahan manusia dapat menghancurkan hidup sehingga kita hendaknya harus selalu bersikap rendah hati dan baik terhadap sesama manusia maupun lingkungan sekitar. Sehingga Perancangan Buku Ilustrasi Legenda Wae Rebo Berbasis Digital Painting ini diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk mengenalkan salah satu kearifan lokal dan budaya di Indonesia melalui kisah legenda Wae Rebo serta membantu dalam melestarikan kampung Wae Rebo itu sendiri supaya tidak dilupakan dan hilang dimakan usia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Apr 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14652

Actions (login required)

View Item View Item