Perancangan buku cerita bergambar berdasarkan mitos nelayan di Madura / Zelma Malina Firdauzia - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku cerita bergambar berdasarkan mitos nelayan di Madura / Zelma Malina Firdauzia

Firdauzia, Zelma Malina (2018) Perancangan buku cerita bergambar berdasarkan mitos nelayan di Madura / Zelma Malina Firdauzia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Firdauzia Zelma Malina. 2017. Perancangan Buku Cerita Bergambar Berdasarkan Mitos Nelayan di Madura. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Moch. Abdul Rohman S.Sn M.Sn. Pembimbing (II) Yon Ade Lose Hermanto S.Sn M.Sn Kata Kunci Buku Cerita Cerita Bergambar Mitos Nelayan Madura. Tradisi melaut tidak bisa dipisahkan dari sejarah bangsa kita. Suku Madura adalah representasi masyarakat pesisir yang keras dan bermental baja. Masyarakat pesisir yang menggantungkan hidupnya pada laut sangat berbeda dengan masyarakat pegunungan/pedalaman yang menggantungkan hidupnya pada tanah. Kehidupan nelayan yang sehari-hari dihabiskan di laut ternyata begitu mempengaruhi gaya hidup sehingga melahirkan perilaku sosial yang bercirikan keberanian tinggi menjunjung tinggi martabat dan harga diri dan berjiwa keras. Tujuan perancangan ini adalah untuk memperkenalkan kehidupan nelayan melalui media kreatif. Dengan menggunakan teori cerita bergambar ilustrasi concept art dan karakter desain. Proses pengumpulan data dilakukan dengan mengunjungi daerah pesisir di daerah Sumenep Madura untuk menentukan setting cerita yang nantinya akan mengambil tempat di daerah pesisir Sumenep. Media utama dari perancangan ini adalah buku cerita yang menceritakan tentang kehidupan nelayan dan bagaimana mereka menjalankan pekerjaan mereka. Buku cerita didesain dengan ilustrasi full colour dilengkapi narasi di setiap halamannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item