Perancangan desain karakter 10 destinasi pariwisata prioritas berbasis ÔÇ£mitosÔÇØ lokal melalui teknik digital painting dalam betuk media artbook / Firmansyah Putra Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan desain karakter 10 destinasi pariwisata prioritas berbasis ÔÇ£mitosÔÇØ lokal melalui teknik digital painting dalam betuk media artbook / Firmansyah Putra Pratama

Pratama, Firmansyah Putra (2018) Perancangan desain karakter 10 destinasi pariwisata prioritas berbasis ÔÇ£mitosÔÇØ lokal melalui teknik digital painting dalam betuk media artbook / Firmansyah Putra Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Putra Pratama Firmansyah. 2017. Perancangan Desain Karakter 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Berbasis Mitos Lokal Melalui Teknik Digital Painting Dalam Bentuk Media Artbook dalam bentuk media artbook yang Di Inspirasi dari Kearifan Lokal. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd.(II) H.J. Hendrawan S.Sn M Ds Kata Kunci Perancangan Karakter destinasi pariwisata mitos. Pemerintah telah menetapkan 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas pengembangan pada 2016. Joko Widodo dan Jusuf Kalla giat mempromosikan destinasi wisata Indonesia dengan tagline Pesona Indonesia atau Wonderful Indonesia. Untuk mengejar target jumlah wisatawan asing itu pemerintah memprioritaskan 10 destinasi wisata yang disebut sebagai 10 Bali Baru. Istilah Bali Baru hanyalah kiasan dan dimaksudkan untuk memberi tekanan agar 10 destinasi wisata itu memiliki peforma yang sama dengan Bali dalam menggaet turis. merinci kesepuluh daerah yang dimaksud adalah Danau Toba Sumatera Utara Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) Morotai Maluku Utara Tanjung Lesung Banten Labuan Bajo NTB Kepulauan Seribu DKI Jakarta Wakatobi Sulawesi Tenggara Kepulauan Belitung dan Jogjakarta. Perkembangan Industri kreatif tidak lepas dengan perkembangan teknologi yang terus diperbarui. Produk Desain Karakter telah menjadi kebutuhan umum bagi setiap manusia mulai dari segi kebutuhan pendidikan hingga untuk hiburan hal ini membuka peluang yang besar bagi pengembang konten kreatif untuk menciptakan produk Desain Karakter yang dapat bersaing di era modern saat ini. Unsur penting yang harus diperhatikan dalam perancangan produk Desain Karakter berbasis cerita adalah konsep dari desain karakter. Visualisasi desain karakter yang unik dan menarik akan memperkuat penokohan karakter sehingga cerita yang disampaikan akan menjadi lebih menarik oleh karenanya perancangan sebuah Desain Karakter yang baik diawali dari penciptaan konsep karakter yang ideal menggunakan metode blackbox guna menghasilkan konsep dengan nilai originalitas yang tinggi. Sistematika perancangan yang digunakan adalah model perancangan deskriptif prosedural yaitu model perancangan yang mengikuti langkah-langkah yang harus diikuti guna menghasilkan suatu produk perancangan ini menggunakan prosedur yang dikembangkan oleh Bruce Archer yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan perancangan. Hasil dari perancangan ini adalah Artbook atau sebagai media utama yang dirancang untuk menyampaikan konsep Desain Karakter berjudul Perancangan Desain Karakter 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Berbasis Mitos Lokal Melalui Teknik Digital Painting Dalam Bentuk Media Artbook konten yang terdapat dalam Artbook meliputi konsep cerita konsep karakter konsep karakter dan konsep item. Melalui hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi produk turunan berupa game dan animasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14626

Actions (login required)

View Item View Item