Perancangan buku ilustrasi pernikahan Melayu Riau sebagai upaya untuk melestarikan budaya daerah / Septi Widya N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku ilustrasi pernikahan Melayu Riau sebagai upaya untuk melestarikan budaya daerah / Septi Widya N.

Widya N., Septi (2018) Perancangan buku ilustrasi pernikahan Melayu Riau sebagai upaya untuk melestarikan budaya daerah / Septi Widya N. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ningsih Septi Widya. Perancangan Buku Ilustrasi Pernikahan Melayu Riau Sebagai Upaya Untuk Melestarikan Budaya Daerah. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sarjono M.Sn. (2) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. Kata Kunci Perancangan Buku Ilustrasi Pernikahan Melayu Riau Pelestarian Budaya Daerah Melayu Riau merupakan salah satu suku terbesar di Indonesia. Budaya yang berkembang dalam masyarakat melayu sangat kental dan sakral. Dalam tradisi Melayu Riau sendiri ada ungkapan Tak kan Melayu Hilang di Bumi yang digunakan untuk menunjukkan keyakinan masyarakat Melayu akan adatistiadat dan budayanya. Pentingnya adat-istiadat bagi orang Melayu Riau tergambar dari ungkapan lain yaitu Biar Mati Anak Jangan Mati Adat atau Biar Mati Istri Jangan Mati Adat . Semua ungkapan itu diucapkan secara turuntemurun dan telah mendarah-daging bagi orang Melayu Riau baik yang menetap di Riau maupun di perantauan. Akan tetapi tradisi pernikahan adat hanya memiliki cacatan lisan dari para tetua dan diturunkan kepada generasi selanjutnya dan kurangnya literatur mengenai pelaksanaan prosesi pernikahan Melayu Riau serta tidak tersedianya informasi mengenai hal tersebut di web resmi kebudayaan Riau. Sehingga menimbulkan perkembangan budaya yang bercampur dengan budaya lain seperti budaya Jawa. Maka diperlukan perhatian dari pemerintah daerah dan masyarakat setempat untuk dapat lebih mengenalkan dan melestarikan potensi kearifan lokal. Perancangan buku berisi informasi dan ilustrasi cat air prosesi pernikahan Melayu Riau. Ilustrasi memiliki kekuatan tersendiri dalam penyajian sebuah informasi situasi yang terekam dari pengamatan illustrator dapat membuat orang lain ikut melihat dan mempelajari informasi visual dengan kesan yang berbeda secara efektif. Dibandingan dengan hasil pemotretan ilustrasi dapat mengempasis bagian-bagian tertentu yang dianggap penting saja. Cat air sendiri memiliki karakteristik transparan. Warna yang dihasilkannya juga cenderung natural dan lembut.. Perancangan menggunakan model perancangan yang telah dikembangkan dari Sadjiman Ebdi Sanyoto. Jenis data berupa data kualitatif yakni data yang diperoleh dari berbagai sumber seperti wawancara observasi dokumentasi maupun pustaka yang kemudian direduksi hingga menghasilkan sintesis sebagai acuan untuk merancang buku ilustrasi pernikahan melayu riau. Final design perancangan media utama berupa buku ilustrasi media pendukung seperti poster leaflet dan brosur serta merchandise berupa postcard dan stiker.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14622

Actions (login required)

View Item View Item