Perancangan multimedia interaktif lagu nasional berbasis android untuk meningkatkan pemahaman bagi siswa-siswi sekolah dasar / Riski Syafitri

Syafitri, Riski (2017) Perancangan multimedia interaktif lagu nasional berbasis android untuk meningkatkan pemahaman bagi siswa-siswi sekolah dasar / Riski Syafitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Syafitri, Riski. 2017. Perancangan Multimedia Interaktif Lagu Nasional Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dr. Hariyanto, M.Hum, (II) Joko Samudro, S.Kom, M.T. Kata kunci : Multimedia Interaktif, Android, Lagu-lagu Nasional, Meningkatkan Pemahaman Lagu Nasional Seiring berkembangnya jaman, siswa-siswi banyak yang kurang memahami lagu nasional, sedangkan lagu modern menjadi menarik perhatian banyak anak-anak. Lagu - lagu trend remaja dan dewasa mempengaruhi perkembangan psikologis anak ÔÇô anak karena mereka akan meniru orang-orang sekitar yang menyanyikan lagu-lagu yang sedang trend tersebut. Lagu nasional sangat penting untuk dipaparkan terhadap anak-anak. Lagu nasional yang berisikan tentang kebangsaan, persatuan, cinta tanah air, keagamaan, dan sebagainya akan membentuk perilaku yang positif kepada anak. Perancangan multimedia interaktif lagu nasional berbasis android bagi siswa-siswi sekolah dasar ini menjawab permasalahan tentang kurangnya pemahaman siswa-siswi terhadap lagu ÔÇô lagu nasional. Model perancangan yang digunakan dalam perancangan multimedia interaktif lagu nasional berbasis android ini adalah model perancangan prosedural, menggunakan metode penelitian yang diambil dari kerangka perancangan milik Sadjiman Ebdi Sanyoto yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Model perancangan prosedural yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Pada model perancangan ini terdiri dari latar belakang, rumusan, tujuan masalah, identifikasi (data lapangan dan data pustaka), analisis, sintesis, visualisasi desain (pra produksi : konsep perancangan, nama aplikasi, nama karakter, diagram alir, logo aplikasi, tinjauan lirik/sejarah/biografi, storyboard video, layout ; produksi : tahap awal produksi, tahap scripting ; pasca produksi : publish setting android), dan hasil final. Hasil perancangan multimedia interaktif ini ditujukan kepada target audience yaitu siswa-siswi sekolah dasar. Media ini akan memudahkan siswasiswi berinteraksi menggunakan multimedia interaktif yang berbasis android. Media ini menghasilkan media utama berupa multimedia interaktif lagu nasional yang berbasis android dan media pendukung seperti : buku saku, kaos, kotak pensil, pin, gantungan kunci, stiker, x-banner, dvd dan packaging dvd.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item View Item