Perancangan sign system Taman Djamoe Indonesia sebagai media informasi bagi pengunjung / Papilaya Lugita Tri Budiyati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan sign system Taman Djamoe Indonesia sebagai media informasi bagi pengunjung / Papilaya Lugita Tri Budiyati

Budiyati, Papilaya Lugita Tri (2017) Perancangan sign system Taman Djamoe Indonesia sebagai media informasi bagi pengunjung / Papilaya Lugita Tri Budiyati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budiyati Papilaya Lugita Tri. Perancangan Sign System Taman Djamoe Indonesia Sebagai Media Informasi Bagi Pengunjung. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc. Ph.D. (2) Andika Agung Sutrisno S.Sn M.Sn. Kata Kunci Sign System Taman Djamoe Indonesia Media Informasi Pengunjung Taman Djamoe Indonesia merupakan wisata edukasi dengan koleksi berbagai macam tanaman jamu yang terletak di Bergas Kabupaten Semarang. Lokasi Taman Djamoe Indonesia cukup strategis yaitu di pinggir jalan utama Semarang-Bawen sehingga mudah ditemukan. Namun pada kenyataannya sebagian besar masyarakat tidak mengetahui keberadaan Taman Djamoe Indonesia karena penanda lokasi yang kurang mencerminkan bahwa tempat tersebut adalah taman dengan koleksi tanaman jamu sehingga menimbulkan minimnya interaksi yang terjadi antara penanda tersebut dengan pengguna jalan. Adanya sebuah sistem tanda atau sign system yang komunikatif informatif dan terpadu menjadi hal yang harus dirancang sebagai pengidentifikasi bahwa tempat tersebut adalah taman dengan koleksi tanaman jamu. Selain sebagai pengidentifikasi lokasi juga dirancang seperangkat penanda lainnya yang ditempatkan di area Taman Djamoe Indonesia sebagai media informasi yang memudahkan pengunjung dalam mengidentifikasi tempat serta menjadikan Taman Djamoe Indonesia memiliki nilai tambah. Perancangan menggunakan model perancangan prosedural dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan sistematika perancangan milik Bruce Archer sebagai acuan awal perancangan yang kemudian dikembangan sesuai dengan kondisi nyata di lapangan sehingga perancangan dapat berjalan efektif efisien dan tepat sasaran. Perancangan ini menghasilkan seperangkat media informasi bagi pengunjung yang diklasifikasikan berdasarkan fungsinya yaitu identification sign operational sign orientation sign direction sign dan regulatory and prohibitory sign yang akan ditempatkan di area Taman Djamoe Indonesia. Dari segi visual sign system dirancang agar memiliki kesinambungan dengan tempat yang dibawanya yaitu taman dengan koleksi tanaman jamu dan senada dengan identitas Taman Djamoe Indonesia sehingga memunculkan karakter dari taman jamu itu sendiri. Keseluruhan desain akan didokumentasikan dalam bentuk buku pedoman desain yang berisi tahapan riset dan brainstorming proses visualisasi beserta detail ukuran hingga desain akhir yang diwujudkan dalam implementasi sign ketika ditempatkan di lingkungannya. Desain juga diwujudkan dalam maket dengan skala 1 25 yang memunculkan satu segmentasi lokasi penempatan sign.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14613

Actions (login required)

View Item View Item