Perancangan buku esai fotografi objek wisata religi Sunan Giri di Gresik / Shinwan Navis - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan buku esai fotografi objek wisata religi Sunan Giri di Gresik / Shinwan Navis

Navis, Shinwan (2017) Perancangan buku esai fotografi objek wisata religi Sunan Giri di Gresik / Shinwan Navis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Navis Shinwan. 2017. Perancangan Buku Esai Fotografi Objek Wisata Religi Sunan Giri Di Gresik. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sugiyono Ardjaka M.Sc. Ph.D. (II) Abdul Rahman Prasetyo S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Perancangan Buku Esai Fotografi Wisata Religi Sunan Giri Kabupaten Gresik Kabupaten Gresik dikenal juga sebagai kota Wali hal ini ditandai dengan keberadaan dua dari Sembilan Wali yang jasadnya dimakamkan di Gresik Yaitu Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Oleh karena itu Kabupaten Gresik dikenal juga dengan objek wisata religinya salah satunya yang ramai dikunjungi wisatawan adalah objek wisata makam Sunan Giri. Sejauh ini pemerintah Kabupaten Gresik baru melakukan renovasi infrastruktur pada objek wisata Sunan giri. Buku panduan wisata hanya bisa didapat di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gresik. Selain itu belum ada media komunikasi visual yang menjelaskan detail mengenai kondisi atau keadaan tempat wisata religi Sunan Giri. Oleh karena itu perlu kiranya diciptakan media komunikasi visual berupa buku esai fotografi yang memiliki kekuatan dalam menvisualisasikan sesuatu lebih jelas dan akurat sehingga tujuan perancangan dapat tercapai. Model perancangan yang digunakan adalah prosedural dengan bentuk penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Model perancangan ini menjelaskan tahapan yang dilalui dalam proses perancangan media komunikasi visual. Tahapan tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah analisis data sintesa serta pengumpulan data konsep verbal konsep visual perancangan tata desain dan desain final. Perancangan ini menghasilkan media utama berupa buku esai fotografi yang berjudul Napak Tilas Sunan Giri beserta media pelengkap seperti T-shirt paper bag gantungan kunci maupun media launching seperti poster dan x-banner. Buku ini diharapkan menjadi media komunikasi visual yang efektif untuk menambah wawasan serta menjaga dan melestarikan sejarah maupun cagar budaya seperti objek wisata religi Sunan Giri di Gresik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item