Perancangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia tentang tipografi dalam desain grafis untuk siswa multimedia SMK Negeri 5 Malang / Andri Hadi Winarto

Winarto, Andri Hadi (2017) Perancangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia tentang tipografi dalam desain grafis untuk siswa multimedia SMK Negeri 5 Malang / Andri Hadi Winarto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winarto, Andri Hadi. 2017. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Tentang Tipografi dalam Desain Grafis untuk Siswa Multimedia SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Tjitjik Sriwardhani M.Pd, (II) Joko Samodra, S.Kom. M.T. Kata kunci:Media Interaktif, Multimedia, Tipografi, Desain Grafis, SMK. Sebagian besar siswa kurang berani bertanya walaupun guru telah memberikan kesempatan terhadap siswa. Perhatian siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar tersebut masih kurang, dengan demikian keaktifan siswa dalam belajar perlu ditingkatkan. Karena itu diperlukan media yang inovatif serta lebih menarik dalam mengajarkan materi tipografi dalam desain grafis. Dalam lingkup desain komunikasi visual, solusi yang ditawarkan adalah multimedia. Tipografi merupakan salah satu kompetensi dasar yang wajib dipahami oleh siswa. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan multimedia yang inovatif dan lebih menarik bagi siswa. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan Sanyoto, karena memiliki langkah kerja yang lebih dekat dengan proses perancangan multimedia. Proses ini diawali dengan perumusan latar belakang masalah, penetapan tujuan, pengidentifikasian dan penganalisisan data, sintesis, sehingga hasilnya akan dijadikan konsep perancangan multimedia ini. Produk yang dihasilkan berupa multimedia tentang tipografi dalam desain grafis. Multimedia ini disajikan dalam bentuk CD, lengkap dengan label dan cover CD. Hasil dari perancangan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran tentang tipografi dalam desain grafis ini dapat menjadi solusi alternatif untuk memberikan suasana baru dalam belajar tipografi. Multimedia pembelajaran ini nantinya diaplikasikan kepada siswa kelas XI SMKN 5 Malang dengan bantuan para guru dan perangkat yang diperlukan untuk memuat media ini. Spesifikasi produk yang dirancang dalam program multimedia interaktif ini adalah program multimedia pembelajaran yang interaktif yang di dalamnya memuat komponenkomponen instruksional yang mampu membimbing dan menuntun proses belajar. Program pembelajaran ini dirancang untuk proses belajar mandiri. Oleh karena itu program ini dikembangkan dengan prinsip user friendly sehingga pemakai pemula pun akan mudah mengoperasikan program maupun menekan tombol-tombol yang memudahkan belajar mereka. Produk hasil perancangan direkomendasikan untuk direalisasikan baik secara komersial maupun non-komersial, sedangkan proses pendekatan ilmiah perancangan direkomendasikan sebagai bahan acuan maupun perbandingan bagi perancang lainnya untuk membuat perancangan sejenis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14608

Actions (login required)

View Item View Item