Perancangan video profil sebagai upaya pendukung aktivitas promosional bagi Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Negeri Malang / Rizky Wijayanto

Wijayanto, Rizky (2017) Perancangan video profil sebagai upaya pendukung aktivitas promosional bagi Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Negeri Malang / Rizky Wijayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

iii ABSTRAK Wijayanto, Rizky. 2017. Perancangan Video Profil sebagai Upaya Pendukung Aktivitas Promosional Bagi Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Universitas Negeri Malang. Skripsi, Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman, M.Sn dan (II) Andreas Syah Pahlevi, S.Sn, M.Sn Kata kunci: media perancangan, video profil, BIPA UM Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang video profil BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di Universitas Negeri Malang. Selama ini pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing atau yang lebih akrab disebut BIPA di lembaga-lembaga tersebut, baik di dalam maupun di luar negeri, dikelola dan dikembangkan oleh lembaga masing-masing tanpa ada lembaga induk yang memayungi lembaga-lembaga pengajar BIPA tersebut, termasuk BIPA UM. Pengalaman dan kinerja yang sangat bagus dari para pengajar BIPA UM tersebut belum ditunjang dengan fasilitas dan gedung perkuliaan yang sesuai untuk penutur asing. BIPA UM belum memiliki Company Profile Lembaga dan mediamedia pendukung lainnya yang dapat digunakan sebagai media untuk mencari dukungan dari dinas pemerintah atau mitra kerjasama. Model perancangan yang digunakan dalam merancang video profile company BIPA UM adalah model perancangan prosedural. Perancangan prosedural merupakan perancangan yang menerapkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghasilkan produk berupa rancangan media dengan disertai deskripsi konseptual. Metode wawancara digunakan untuk menggali informasi yang berhubungan dengan materi video. Sedangkan, model perancangan video profil BIPA Universitas Negeri Malang menggunakan model perancangan Wibowo yang meliputi Latar Belakang, Identifikasi Data, Pengumpulan Data, Analisis, Sintesis, Konsep Perancangan, Pra Produksi, Produksi, dan Pasca Produksi. Pada tahap pra produksi meliputi pencarian dan penemuan ide, pembuatan synopsis, pembuatan treatment, pembuatan storyboard, menulis shooting script, dan persiapan produksi. Pada tahap produksi adalah tahap untuk merealisasikan semua langkah yang ada dalam tahap pra-produksi. Pada tahap pasca produksi meliputi editing offline, editing online, dan mixing dan mastering. Pengumpulan data berupa foto, video, dan wawancara. Sumber data berasal dari pimpinan lembaga, sarana pra-sarana yang ada di kantor BIPA UM, serta sumber yang berupa latar belakang, visi, misi, dan tujuan perusahaan atau lembaga.. Hasil dari perancangan ini adalah sebuah produk video profil lembaga BIPA UM sebagai upaya untuk pendukung aktivitas promosional BIPA UM ke dinas pemerintahan atau mitra kerjasama. Ada pun media pendukung berupa desain Box Packaging Kit, desain cover CD, stiker BIPA, desain Kartu Nama, dan desain buku informasi BIPA UM. Hasil produk ini diharapkan mampu menjadi bahan audiovisual untuk BIPA UM sebagai upaya mendapatkan dukungan dari dinas pemerintah atau mitra kerjasama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Nov 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14607

Actions (login required)

View Item View Item