Wimolo, Gajendra Diptyo (2017) Perancangan komik digital sebagai media promosi toko online Mainanjebo / Gajendra Diptyo Wimolo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Wimolo Gajendra Diptyo. 2017. Perancangan Komik Digital Sebagai Media Promosi Toko Online Mainanjebo.Skripsi Program StudiDesainKomunikasi Visual JurusanSeni Dan Desain FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Triyono Widodo M.Sn (II) Drs. Didiek Rahmanadji M.Pd. Kata Kunci Perancangan komik Komik digital Media promosi Toko online Salah satu bentuk nyata dalam era globalisasi saat ini adalah Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang pesat komik digital hampir tidak terpisahkan dari keseharian kita dengan menyampaikan informasi secara efektif dan efisien melalui bahasanya sendiri. komik digital mempunyai potensi yang membuat banyak pihak mulai memikirkan perannya sebagai media promosi yang unik dan kreatif. Sebuah media yang menggabungkan rangkaian gambar dan tulisan yang membentuk cerita yang mempunyai tujuan untuk menyampaikan informasi atau menciptakan sebuah reaksi estetika terhadap pembacanya. Mainanjebo adalah perusahaan retail yang menjual berbagai macam mainan kolektor. Mainanjebo dimiliki oleh perusahaan CV. Parahita Kencana yang berasal dari kota Bekasi. Sebagai perusahaan yang baru meluncurkan toko onlineresminya Mainanjebo membutuhkan promosi untuk mendapatkan keuntungan agar dapat bersaing dengan toko online penyedia mainan kolektor lainnya. Karena itu dibutuhkan media promosi yang unik menarik dan tepat sasaran yaitu dengan merancang media komik digital yang memberikan keunikan toko online Mainanjebo yang tidak dimiliki oleh pesaingnya yaitu menerbitkan komik sebagai media promosi toko online Mainanjebo. Model perancanganinimenggunakanmetode kualitatif dengan mengenalkan keunggulan perusahaan Mainanjebo dan memiliki pesan yang mempresentasikan ciri khas dari perusahaan Mainanjebo. Perancangankomik digitalinimenggunakanpendekatangaya visual kartun. Komik yang akan dirancang adalah komik strip yang terdiri dari empat sampai enam panel yang memiliki pesan moral di setiap komiknya dan mudah dicerna oleh target audience. Komik digital ini akan diterbitkan teratur secara mingguan yang akan diunggah ditoko online dan media sosial Mainanjebo. Dan beberapa media pendukung digital seperti web banner dan iklan media sosial sedangkan media pendukung cetak berupakartu nama x-banner t-shirt stiker pin poster dan boneka. ABSTRACT Wimolo GajendraDiptyo. 2017. Designing Digital Comics As A Media Promotion Online Shop MainanjeboThesis Visual Communication Design Program Department of Art and Design Faculty of Letters UniversitasNegeri Malang. Advisors(I) Drs. TriyonoWidodo M.Sn (II) Drs. DidiekRahmanadji M.Pd. Keywords Designing Comics Digital Comics Media Promotion Online Stores Mainanjebo is a retail company that sells various kinds of collector toys. Mainanjebo is owned by CV company named ParahitaKencana from Bekasi. In era of globalization digital comics are almost inseparable from our daily lives conveying information effectively and efficiently through their own language. Digital comic has the potential to make many parties start thinking about its role as a unique and creative promotional media. As a media that combines a series of images and writings that form a story that has the purpose to convey information or create an aesthetic reaction to its readers. As a new company launching its official website Mainanjebo needs promotion to gain profit in order to compete with other toy collector sites. Because it requires a unique media campaign interesting and can deliver its messages accurately with a unique design that Mainanjebo site have compared to other competitors which is publishes comics on Mainanjebo site. The comics to be designed are comic strips consisting of three to six panels that have a moral message fun and easy to digest by all ages. Strip comics are usually published on a daily or weekly basis in newspapers and online media. This design uses a qualitative method by introducing Mainanjebo corporate leads and having a message that presents the hallmark of the Mainanjebo Company. The purpose of this study is to produce a comic whose function is as a media campaign for the official website Mainanjebo to the community in the form of innovative media. With the theme of the comic that presents the Mainanjebo store that is family theme. The design of digital comics is expected to provide consumer appeal to visit the official website of Mainanjebo to the public especially the target consumers who want to achieve by using designs that can be enjoyed by all ages.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14603 |
Actions (login required)
View Item |