Perancangan buku dongeng interaktif cerita Kluntung Waluh untuk menanamkan nilai moral pada anak / Reza Harwanda Pramudya

Pramudya, Reza Harwanda (2017) Perancangan buku dongeng interaktif cerita Kluntung Waluh untuk menanamkan nilai moral pada anak / Reza Harwanda Pramudya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pramudya, Reza Harwanda. 2017. Perancangan Buku Dongeng Interaktif Cerita Kluntung Waluh. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Moch. Abdul Rohman, S. Sn, M.Sn. (II) Gunawan Susilo, S.Sn.,M,Sn. Kata Kunci: Perancangan, Buku Interaktif, Dongeng Dongeng merupakan media yang baik dalam menyampaikan pesan - pesan moral yang baik bagi anak. Penanaman nilai moral ini diperlukan mengingat saat ini banyak sekali anak yang mulai mengalamai penurunan nilai ÔÇô nilai moral. Hal ini bisa dilihat dari sikap tidak hormat kepada orang yang lebih tua,tawuran,serta merokok dibawah umur. Penanaman nilai moral perlu diterapkan sejak dini karena semakin dini anak mengenal nilai moral yang baik semakin kuat pondasi karakternya dimasa mendatang. Salah satu media yang dirasa mudah untuk menanamkan nilai - nilai moral adalah melalui dongeng, hal ini dikarenakan anak suka mendengarkan cerita ataupun membaca buku cerita. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk menanamkan nilai moral yang baik bagi anak ÔÇôanak. Pemilihan buku dongeng interaktif sebagai media untuk menanamkan nilai moral yang baik bagi anak karena buku interaktif memberikan interaksi ÔÇô interaksi kepada pembaca sehingga pembaca terlibat langsung kedalam jalan cerita. Hal ini membuat anak lebih memahami dan mengingat pesan yang disampaikan dalam buku. Perancangan ini menggunakan metode perancangan prosedural bersifat deskriptif, yaitu menggunakan langkah-langkah yang berurutan dan terstruktur dalam menghasilkan produk. Perancangan ini dimulai dari latar belakang masalah, kemudian pengumpulan data, analisis, sintesis dan tahap akhir berupa konsep perancangan. Dari proses tersebut, nantinya dapat diperoleh media yang tepat sasaran dan tujuannya tercapai. Hasil perancangan ini berupa buku dongeng interaktif yang didalamnya menggabungkan beberapa jenis interaktif seperti pop ÔÇô up , lift - a ÔÇô flap,mewarna,pull ÔÇô tab,dan juga game. Gaya ilustrasi dan warna disesuaikan dengan anak ÔÇô anak agar dapat disukai dan diterima anak ÔÇô anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item