Safitri, Heni (2010) Pengembangan media animasi pembelajaran tema alat komunikasi di TK A Negeri Pembina Asembagus-Situbondo / Heni Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Taman Kanak-kanak. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan agar dalam proses belajar mengajar agar berjalan sesuai yang diharapkan selama ini dalam proses pembelajaran khususnya alat komunikasi hanya menggunakan penjelasan guru. Tujuan pembelajaran di TK untuk mengembangkan potensi baik secara psikis dan fisik meliputi bahasa kognitif dan seni maka dari itu penulis pengembangan media animasi pembelajaran. Dengan dikembangkannya media pembelajaran dikelas siswa dalam proses pembelajaran aspek-aspek yang dibutuhkan anak TK bisa terpenuhi sehingga pembelajaran berjalan efektif sesuai dengan tujuan yang ada. Dalam menampilkan media animasi pembelajaran membutuhkan responden untuk menilai keefektifan dalam pembelajaran. Dalam hal ini tidak hanya animasi media pembelajaran media pembelajaran lain bisa menjadi alternatif dalam pembelajaran. Agar dalam pembelajaran terdapat beberapa alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga membuat siswa termotivasi dalam belajar. Dari prosedur pengembangan yang dilakukan diperoleh hasil perhitungan interpretasi hasil validasi yang diperoleh dari data ahli media menunjukkan persentase 80% dari ahli materi 80 8% dari audiens secara perorangan 76 6% dari audiens kelompok kecil 84 7% dan dari audiens klasikal/lapangan 80 2%. Sedangkan dari peningkatan skor hasil belajar rata-rata sebesar 92% sehingga dari data tersebut bertujuan bahwa media animasi pembelajaran ini efektif digunakan dalam proses belajar mengajar di TK Negeri Pembina. Dapat disimpulkan bahwa media animasi pembelajaran yang dikembangkan di TK Negeri Pembina dinyatakan valid sesuai dengan SKM. Saran yang diajukan bagi guru hendaknya perlu dipersiapkan beberapa hal diantaranya TV dan VCD memperhatikan petunjuk pemanfaatan sehingga diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Saran yang diajukan bagi kepala sekolah dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagi alternatif media yang digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran supaya dapat meningkatkan prestasi belajar siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/146 |
Actions (login required)
View Item |