Perancangan e-book interaktif panduan wisata Pantai Gunung Kidul sebagai media informasi dan promosi / Dwi Hero Novyanto

Novyanto, Dwi Hero (2017) Perancangan e-book interaktif panduan wisata Pantai Gunung Kidul sebagai media informasi dan promosi / Dwi Hero Novyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Novyanto, Dwi Hero. 2017. Perancangan E-Book Interaktif Panduan Wisata Pantai Gunungkidul Sebagai Media Informasi Dan Promosi. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Andy Pramono, S.Kom., M.T., (II) Andika Agung Sutrisno, S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: E-book, Panduan Wisata, Pantai, Gunungkidul Gunungkidul memiliki potensi wisata yang tinggi, khususnya potensi wisata di kawasan pantai Kabupaten Gunungkidul. Beberapa media promosi seperti brosur, booklet, leaflet, dan banner mengenai kawasan wisata pantai masih belum memberikan informasi yang detail dan jelas mengenai potensi kawasan wisata pantai. Kurangnya media informasi sekaligus promosi bagi kawasan wisata pantai di Gunungkidul membuat potensi wisata pantai kurang diketahui oleh wisatawan. Promosi yang kurang dan penyebaran media informasi yang masih terbatas membuat masyarakat tidak banyak mengetahui potensi wisata pantai Kabupaten Gunungkidul, diperlukan media yang mampu menjadi panduan untuk para wisatawan mengakses informasi secara detail dan jelas. Perancangan ini menggunakan metode prosedural yang dilakukan dalam proses perancangan ini diawali dengan penulisan latar belakang, perumusan masalah, dan pengidentifikasian tujuan perancangan. Analisis data bersifat deskriptif dan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Data penelitian berupa paparan informasi mengenai kawasan pantai dan juga data visual. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi yang bersumber langsung pada objek wisata pantai Kabupaten Gunungkidul, wawancara dengan bapak Sudjarwono selaku Kepala Pemasaran Wisata, dan pengumpulan data dokumen dari buku serta situs internet yang berkaitan dengan kawasan wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul Kemudian dilanjutkan dengan analisis data yang akhirnya menjadi konsep perancangan. Perancangan meliputi proses brainstorming dari data yang telah terkumpul untuk menciptakan konsep perancangan. Perancangan produk dimulai dari rough sketch, comprehensive layout, serta final layout. Perancangan e-book interaktif panduan wisata pantai Kabupaten Gunungkidul sebagai media informasi dan promosi berjumlah 69 halaman. E-book memuat sebanyak 15 objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul yang memberikan informasi mengenai kondisi kawasan wisata pantai, akses, fasilitas, serta informasi penting lain dari setiap kawasan wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul. E-book dilengkapi dengan sistem interaktif dimana pada daftar menu pengguna dapat menuju kehalaman artikel yang diinginkan dengan menekan judul artikel atau gambar yang berfungsi sebagai tombol. Untuk memperkenalkan e-book kepada masyarakat, dibuat media pendukung berupa media sosial Instagram, Facebook Fanpage, Billboard, X-banner, dan Poster.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item