Ahmadi, Andi Rifki (2017) Perancangan merchandise "I Love UM" untuk wisuda ke-86 tahun 2017 Universitas Negeri Malang / Andi Rifki Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Ahmadi Andi Rifki. 2017. Perancangan Merchandise I LOVE UM Untuk Wisuda ke-86 Tahun 2017 Universitas Negeri Malang. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hariyanto M.Hum (II) Moch. Abdul Rohman S. Sn M.Sn. Kata Kunci Merchandise Perancangan Wisuda Universitas Negeri Malang Wisuda merupakan kegiatan rutin suatu Universitas sebagai bentuk pelantikan kelulusan mahasiswanya yang telah selesai menempuh masa kuliah. Pemberian merchandise kepada wisudawan dalam suatu acara wisuda merupakan hal yang wajar dan baik. Merchandise tersebut berfungsi sebagai kenang-kenangan bagi wisudawan sehingga wisudawan akan mempunyai kesan yang baik terhadap Universitas Negeri Malang. Sebenarnya Universitas Negeri Malang sendiri telah memberikan paket merchandise kepada wisudawan. Namun dari semua isi paket tersebut belum dapat memberikan kesan yang baik. Oleh sebab itu perlu dirancang sebuah paket merchandise yang unik dan menarik sehingga dapat memberi kesan yang baik terhadap acara wisuda Universitas Negeri Malang. Merchandise tersebut akan dimasukkan ke dalam paket wisuda resmi Universitas Negeri Malang sehingga wisudawan dapat memliki merchandise tersebut tanpa harus repot membelinya terlebih dahulu. Tujuan perancangan ini adalah agar merchandise yang dirancang dapat memberikan kesan yang baik kepada wisudawan sehingga wisudawan mau berkontribusi dalam membangun Universitas Negeri Malang. Perancangan ini menggunakan metode perancangan prosedural bersifat deskriptif yakni menggunakan langkah-langkah yang berurutan dan terstruktur dalam menghasilkan produk. Perancangan ini dimulai dari permasalahan diikuti dengan pengumpulan data analisis sintesis dan tahap akhir berupa konsep perancangan. Berdasarkan dari proses yang sudah diikuti tersebut nantinya bisa diperoleh media yang tepat guna dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Hasil perancangan ini berupa paket merchandise untuk wisuda ke-86 tahun 2017 Universitas Negeri Malang yang didesain semenarik mungkin dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga selain dapat memberi kesan bagi wisudawan merchandise tersebut juga dapat menjadi media promosi Universitas Negeri Malang malalui alumni Universitas Negeri Malang di daerah asal mereka. Jika hal itu dilakukan maka alumni Universitas Negeri Malang telah ikut berkontribusi dalam membangun Universitas Negeri Malang. Merchandise ini juga dirancang dengan menggunakan biaya yang murah dan bahan yang mudah didapat sehingga tidak menyulitkan pihak Universitas Negeri Malang dalam memproduksisnya. ABSTRACT Ahmadi Andi Rifki. 2017. The Design of Merchandise I LOVE UM At the 86th Graduation of State University of Malang 2017. Thesis Visual Communication Design Studies Program Department of Art and Design Faculty of Letters. Universitas Negeri Malang. Lecturers (I) Dr. Hariyanto M.Hum (II) Moch. Abdul Rohman S. Sn M.Sn. Keywords Merchandise Design Graduation State University of Malang. Graduation is a routine activity of a University as a form of inauguration of graduated students who have completed college. Giving merchandise to graduates in a graduation ceremony is a natural and good thing. Merchandise used as a memories for the graduates so that graduates will have a good impression on the State University of Malang. Actually the State University of Malang itself has given the merchandise package to the graduates. But of all the contents of the package has not been able to give a good impression. Therefore it is necessary to design a unique and interesting merchandise package so it can give a good impression to the graduation ceremony State University of Malang. Merchandise will be included in the official graduation package of State University of Malang so that graduates can possess the merchandise without having to bother to buy it first. The purpose of this design is that merchandise designed to give a good impression to the graduates so that graduates would contribute in building the State University of Malang. This design uses the method of procedural design is descriptive which uses sequential steps and structured in producing the product. This design starts from the problem followed by data collection analysis synthesis and final stage in the form of design concept. Based on the process that has been followed will be obtained by the appropriate media and can achieve the desired goals. The results of this design in the form of merchandise package for the 86th graduation year 2017 State University of Malang is designed as attractive as possible and can be used in everyday life. So that in addition to give the impression for the graduates the merchandise can also be a media promotion of the State University of Malang through the alumni of the State University of Malang in their home areas. If it is done then the alumni of Malang State University has contributed in building the State University of Malang. Merchandise is also designed using low cost and easy to obtain materials so it does not complicate the State University of Malang in producing it.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Sep 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/14598 |
Actions (login required)
View Item |