Perancangan merchandise tematik lipu'u yang terinspirasi dari adat pernikahan dan beat Gorontalo / Hadiarzi Atika W.

Widyastuti, Hadiarzi Atika (2017) Perancangan merchandise tematik lipu'u yang terinspirasi dari adat pernikahan dan beat Gorontalo / Hadiarzi Atika W. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Atika, Hadiarzi. 2017. ÔÇ£Perancangan Merchandise Tematik LipuÔÇÖu yang Terinspirasi dari Adat pernikahan dan Beat GorontaloÔÇØ. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. Pembimbing (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn, M.Sn. Kata Kunci: Perancangan, Merchandise, Adat pernikahan dan Beat Gorontalo Dalam beberapa tahun terakhir, industri kreatif terutama bidang fashion terus menunjukkan perkembangan yang sangat memuaskan di Indonesia. Sebuah artikel mengatakan, industri fashion juga memberikan kontribusi yang besar pada Indonesia dan pemerintah sedang menggencarkan produk fashion yang berangkat kearifan lokal. Gorontalo merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi kearifan lokal yang baik, terutama dari segi adat istiadatnya. Namun Gorontalo kurang dikenal oleh masyarakat. Dari kedua hal tersebut, maka dirancang satu media yaitu merchandise tematik yang terinspirasi dari adat pernikahan dan beat Gorontalo. Tujuan dari perancangan produk merchandise tematik ini adalah untuk membantu memperkenalkan Gorntalo kepada masyarakat. Adanya produk merchandise berbasis ilustrasi diharapkan mampu menjadi daya tarik dan membantu menarik wisatawan lokal maupun asing datang berkunjung ke Gorontalo. Pada perancangan ini menggunakan model perancangan yang bersifat deskriptif prosedural, yaitu menggambarkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Dari rumusan masalah tersebut akan ditetapkan tujuan perancangan sebagai batasan perancangan, kemudian adalah pengumpulan data berupa data primer dan sekunder, yaitu primer diperoleh melalui wawancara secara langsung dengan pihak terkait. Data sekunder diperoleh melalui observasi berupa dokumen (pustaka dan online). Perancangan ini menghasilkan produk merchandise tematik berbasis ilustrasi yang memvisualkan adat pernikahan dan beat Gorontalo. Media merchandise tematik ini dibranding dengan adanya logo produk dan beberapa media pendukung lainnya. Produk merchandise ini dibranding dengan nama LipuÔÇÖu, kata LipuÔÇÖu berarti ÔÇ£desakuÔÇØ yang diangkat dari bahasa Gorontalo sendiri yang akan mengingatkan kembali produk merchandise pada daerah Gorontalo. Produk ini berfungsi untuk membantu membantu memperkenalkan Gorontalo pada masyarakat dan diharapkan mampu menjadi daya tarik dan membantu menarik wisatawan lokal maupun asing datang berkunjung ke Gorontalo. Selain produk merchandise, produk ini juga didukung dengan media pendukung yang berfungsi sebagai media promosi untuk menginformasikan dan mempublikasikan adanya media utama, berupa website, kampanye media sosial, booklet, poster, flyer, x-banner, packaging, dan kartu nama. Pada semua media pendukung terdapat barcode dan kontak lengkap untuk memudahkan target audience mengakses informasi untuk membeli produk LipuÔÇÖu Gorontalo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item View Item