Perancangan GSM Corporate Indentity Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik dan aplikasinya sebagai media aktivasi promosi Museum / M. Wachid Fahmi Mauluddin

Mauluddin, M. Wachid Fahmi (2017) Perancangan GSM Corporate Indentity Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik dan aplikasinya sebagai media aktivasi promosi Museum / M. Wachid Fahmi Mauluddin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mauluddin, Muhammad Wachid Fahmi. 2017. ÔÇ£Perancangan GSM Corporate Identity Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik dan Aplikasinya Sebagai Media Aktivasi Promosi MuseumÔÇØ. Skripsi Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn, M.Sn Kata Kunci : Perancangan, Corporate Identity, Museum Sunan Giri, Kabupaten Gresik, Media Promosi Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik menyimpan peninggalan arkeologi di Kabupaten Gresik. Keberadaan Museum diharapkan menjadi media pembelajaran dan aset pariwisata, namun kenyataannya museum ini kurang diminati oleh masyarakat. Hal mendasar yang belum dimiliki adalah corporate identity, sehingga museum kurang memiliki ciri khusus dan tidak memiliki konsistensi dalam media promosinya. Dari permasalahan ini, maka dirancang Corporate Identity Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik sebagai solusi atas permasalahan museum. Model perancangan yang digunakan adalah model perancangan prosedural, yaitu menggunakan langkah-langkah yang berurutan dan terstruktur dalam menghasilkan produk. Sistematika perancangan ini merujuk pada sistematika perancangan pengembangan dari Sadjiman Ebdi Sanyoto. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data-data yang bersumber dari data kepustakaan dan data lapangan. Hasil dari proses perancangan ini meliputi logo, GSM dan pedoman penerapannya sebagai media aktivasi promosi Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik. Setelah hasil perancangan telah dicapai, pengelolaan aset juga perlu dilakukan. Mengelola aset dengan baik secara kontinyu dapat menjadi pemicu keberhasilan usaha promosi Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik dimasa depan. Hasil perancangan ini harus didukung oleh semua pihak museum agar dapat tercapai tujuan dan visi misi Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik. Media pendukung dari proses perancangan meliputi berbagai atribut identitas museum antara lain: atribut administrasi, relasi, fasilitas penanda, kendaraan operasional, pengenal identitas, dan merchandise. ABSTRACT Mauluddin, Muhammad Wachid Fahmi. 2017. Designing a GSM Corporate Identity of Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik and the Applications as an Activation Media of MuseumÔÇÖs Promotion. Thesis. Art and Design Department, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn (II) Andreas Syah Pahlevi S.Sn, M.Sn Key Words: Designing, Corporate Identity, Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik, Promotional Media Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik is a museum that conserves archeological assets inside the area of Gresik Regency. The existence of the museum is expected to be medium of learning and tourism assets, but in fact this museum is less desirable by the people. One of the fundamental things that is not owned by the museum is the corporate identity, so that the museum lacks specific characteristics and lacked consistency in the promotion media. Based to this problem, so the museum needs a Corporate Identity that designed to be the solution of the problem that museum has suffered for. The designing model used is a procedural designing model, which uses sequential and structured steps to produce the product. This designing systematics refers to the systematic design of Sadjiman Ebdi Sanyoto that has been developed. The data used is based on sourced literature data and field data. As the results of this design process, produce the logo and its applications guide as an activation of promotion media by the Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik. Once the design results have been achieved, asset management is also needed. Managing assets well continuously can be the trigger for the success of the promotion effort of Sunan Giri Museum Kabupaten Gresik in the future. The results of this design should be supported by all the management of museum in order to achieve the purpose and vision and mission of the Museum Sunan Giri Kabupaten Gresik Supporting media of this design process includes various attributes of museum identity including: stationery & administrative attributes, PR/IR communications, facilities signs, vehicles, identity introductions, and merchandises.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item View Item