Pembentukan karakter anak melalui perancangan buku cerita dongeng bergambar "Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati" / Anindia Putri Farsya

Farsya, Anindia Putri (2017) Pembentukan karakter anak melalui perancangan buku cerita dongeng bergambar "Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati" / Anindia Putri Farsya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Farsya, Anindia. 2017. Pembentukan Karakter Anak Melalui Perancangan Buku Cerita Dongeng Bergambar Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual, Jurusan Seni Dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I): Mochammad AbdulRochman S.sn., M.Sn., (II) Yon Ade Lose Hermanto S.sn., M.Sn. Kata Kunci: Pembentukan Karakter, Buku anak, Buku cerita bergambar, Dongeng Pembentukan Karakter anak bisa dilakukan lewat media apa saja, baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satunya adalah melalui buku cerita dongeng bergambar. Melalui buku, anak bisa memahami lewat cerita yang ada didalam ilustrasi maupun cerita yang disampaikan. Anak bisa memahami mana yang baik dan yang buruk. Salah satu contohnya sifat yang tercela adalah sifat tamak, karena tamak akan menimbulkan kebencian bagi orang lain dan mendapatkan balasan. Sifat ini sangatlah tidak terpuji, oleh karena itu anak tidak boleh mempunyai sifat tamak. Melalui buku cerita bergambar yang berjudul Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati anak bisa memahami bagaimana sifat tamak itu, dan bagaimana cara menanggapinya. Model perancangan ini menggunakan model perancangan deskriptif, yaitu diawali dengan penulisan latar belakang, perumusan masalah, dan pengidentifikasian tujuan perancangan. Lalu dilanjutkan dengan observasi, kepustakaan dan wawancara. Kemudian dilanjutkan dengan analisis data yang akhirnya menjadi konsep perancangan. Perancangan buku cerita bergambar ini menggunakan pendekatan gaya visual cartoon dan dikemas menjadi buku dengan hardcover. Dan beberapa media alternatif dalam mengenalkan buku ini berupa merchandise yaitu, cover kain, poster, boneka jari, t-shirt, stiker, pouch dan goodie bag. ABSTRACT Farsya, Anindia. 2017. Character Building of Children Through Designing Fairy Tale Picture Book of Greedy Queen and Giant Teak Tree. Thesis, Visual Communication Design Program, Department of Art and Design, Faculty of Letters, State University of Malang. Advisors (I): Mochammad Abdul Rochman S.sn., M.Sn., (II) Yon Ade Lose Hermanto S.sn., M.Sn. Keywords: Character Building, Children's Book, Story Picture Book, Fairy Tale Character building of children can be done through any media, either directly or indirectly. One of them is through a fairy tale picture book. Through books, children can understand through the stories that exist in the illustrations and stories which were told. Children can understand what are good and bad. One example of a disgraceful trait is greedy, because greedy will incite hatred for others and get a revenge. This trait is highly praiseworthy, therefore children should not be greedy. Through picture book entitled Ratu Tamak dan Raksasa Pohon Jati (Greedy Queen and Giant Teak Tree) children can understand how the greedy trait, and how to respond. This design used descriptive design, which began with the background of the study, research question, and identification of design goals. Then continued with observation, building the theoretical framework and interview. Then proceed with the data analysis which became the concept of design. The design of this picture book used a cartoon visual style and has been packaged into a book with hardcover. And some alternative media in introducing this book in the form of merchandise which are, fabric cover, poster, finger puppet, t-shirt, sticker, pouch and goodie bag.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14581

Actions (login required)

View Item View Item