Perancangan buku ensiklopedia berbasis ilustrasi tentang paruh bengkok yang dilindungi di Indonesia untuk anak usia kelas 4-6 SD / Winda Rahmasari Faradilla

Faradilla, Winda Rahmasari (2017) Perancangan buku ensiklopedia berbasis ilustrasi tentang paruh bengkok yang dilindungi di Indonesia untuk anak usia kelas 4-6 SD / Winda Rahmasari Faradilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Faradilla, Winda Rahmasari. 2017. Perancangan Buku Ensiklopedia Berbasis Ilustrasi Burung Paruh Bengkok Yang Dilindungi Di Indonesia Untuk Anak Usia Kelas 4-6 SD. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hariyanto, M.Hum, (II) Heppy Jundan Hendrawan, S.Sn, M.Ds. Kata Kunci: Paruh Bengkok, Ensiklopedia Burung, Endemik, Anak Paruh Bengkok merupakan salah satu satwa endemik kebanggaan Indonesia yang memiliki keunikan beragam. Hal tersebut yang menjadikan burung paruh bengkok mulai terancam keberadaannya dikarenakan tingkat kesadaran manusia yang rendah dalam melestarikannya. Oleh karena itu, diperlukan sarana yang bertujuan untuk mengenalkan satwa paruh bengkok melalui buku ensiklopedia sebagai upaya untuk menanamkan rasa kepedulian dan kecintaan antar sesama makhluk hidup pada generasi muda. Model perancangan prosedural yang dipilih yaitu model perancangan Yongki Safanayong mulai dari mengidentifikasi masalah dan kebutuhan anak usia kelas 4-6 SD sebagai target audien sampai memperkenalkan produk hasil perancangan sebagai solusi permasalahan. Perancangan ini terdiri dari media utama yaitu buku ensiklopedia berbasis ilustrasi tentang satwa burung paruh bengkok yang dilindungi di Indonesia serta media pendukung seperti poster, stiker, gantungan kunci, x-banner dan kaos. Data perancangan ini diperoleh dari kuisioner, wawancara dan pengumpulan data-data buku. Perangkat lunak yang dipakai antara lain Adobe Illustrator CS5 dan Adobe Photoshop CS5. Proses produksi buku ensiklopedia satwa ini hampir sama dengan proses pembuatan buku ilustrasi pada umumnya, yaitu pembuatan sket manual, ilustrasi digital hingga finishing. Hasil akhir dari proses produksi ini adalah sebuah buku yang benar-benar dapat digunakan dan dinikmati sebagaimana mestinya. Dengan ensiklopedia ini diharapkan Burung Paruh Bengkok yang dilindungi di Indonesia dapat lestari dan dikenal luas masyarakat terutama anak-anak usia kelas 4-6 SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14579

Actions (login required)

View Item View Item