peran guru ppkn dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di smk negeri 2 malang / kuni izza afkarina - Repositori Universitas Negeri Malang

peran guru ppkn dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di smk negeri 2 malang / kuni izza afkarina

Afkarina, Kuni Izza Afkarina (2021) peran guru ppkn dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di smk negeri 2 malang / kuni izza afkarina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa berubahnya pelaksanaan pembelajaran yang lebih modern. Pembelajaran daring menuntut guru dan peserta didik untuk lebih banyak memanfaatkan teknologi modern dalam proses belajar. Untuk memudahkan penyampaian materi dan penugasan banyak guru yang menggunakan LMS seperti Google Classroom WhatsApp Google Meet Google Form dan lain-lain. Namun banyaknya aplikasi dan layanan pembelajaran daring yang disediakan menimbulkan sebuah masalah yang terjadi pada siswa. Seperti banyaknya keluhkan pada materi yang belum tersampaikan dengan jelas atau belum paham malah justru diberikan tugas yang lebih banyak. Bahkan banyak siswa yang mengalami ganguan jaringan atau sinyal yang buruk sehingga terganggunya proses pembelajaran daring secara baik dan berjalan lancar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 2 Malang. (2) Untuk mendeskripsikan aplikasi yang digunakan guru PPKn saat pembelajaran daring dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMK Negeri 2 Malang. (3) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapai guru PPKn saat pembelajaran daring dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMK Negeri 2 Malang. (4) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru PPKn untuk mengatasi kendala saat pembelajaran daring dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMK Negeri 2 Malang Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif interaktif yang dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mengecek data yang diperoleh dari lapangan reduksi data penyajian data dan menarik kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Peran guru PPKn dalam meningkatkan pemahaman siswa melalui pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMK Negeri 2 Malang diantaranya memberikan motivasi kepada siswa memfasilitasi siswa dalam belajar memilih metode pembelajaran yang tepat dan melakukan evaluasi untuk menentukan keberhasilan siswa. (2) Aplikasi yang digunakan guru PPKn saat pembelajaran daring dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMK Negeri 2 Malang adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi diantaranya Whatsapp Google Classroom dan M-Class. (3) Kendala yang dihadapai guru PPKn saat pembelajaran daring dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMK Negeri 2 Malang adalah jaringan internet dan gawai sulit memahami materi pembelajaran kondisi ekonomi siswa dan kurangnya pengawasan dari orang tua. (4) Upaya yang dilakukan guru PPKn untuk mengatasi kendala saat pembelajaran daring dalam meningkatkan pemahaman siswa di SMK Negeri 2 Malang adalah membuat perencanaan pembelajaran yang baik dan melakukan kerjasama dengan orang tua dan pihak-pihak terkait Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh saran sebagai berikut (1) Guru sebaiknya dapat membuat media pembelajaran yang lebih kreatif agar siswa tidak merasa bosan saat pempelajari pateri PPKn. Guru sebaiknya juga dapat melakukan kerjasama dengan orang tua untuk mengawasi siswa saat pembelajaran daring di rumah berlangsung. (2) Sekolah sebaiknya dapat mengoptimalkan penggunaan M-Class yang sudah dibuat oleh sekolah. Hal tersebut diharapkan dapat mempermudah siswa dalam mengakses materi dan meningkatkan pemahamn siswa. (3) Siswa sebaiknya lebih meningkatkan kemandirian dan motivasi belajar supaya kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. (4) Bagi Prodi PPKn untuk menyebarkan penelitian terkait pembelajaran PPKn supaya tercipta calon-calon guru PPKn yang kreatif dan inovatif. (5) Bagi peneliti selanjutnya dapat supaya melakukan penelitian lebih lanjut agarmenemukan hal-hal baru yang belum ditemukan didalam skripsi ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) > S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/145679

Actions (login required)

View Item View Item