Perancangan integrated packaging starter kit hidroponik untuk meningkatkan brand equity Kusuma Agrowisata Batu / Riyan Prayugo

Prayugo, Riyan (2017) Perancangan integrated packaging starter kit hidroponik untuk meningkatkan brand equity Kusuma Agrowisata Batu / Riyan Prayugo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Prayugo, Riyan. 2017. Integrated Packaging Starter Kit Hidroponik untuk Meningkatkan Brand Equity, Batu. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. (2) Andreas Syah Pahlevi S.Sn, M.Sn Kata Kunci: Integrated Packaging, Starter Kit Hidroponik, Perangkat Bertanam Hidroponik, Brand Equity, Kusuma Agrowisata Batu. Kusuma Agrowisata adalah salah satu pioneer wisata agro di Indonesia yang terletak di Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Wisata Batu, merupakan sebuah lokasi wisata yang menyediakan pengalaman berkebun dan memetik buah secara langsung dari pohon. Banyaknya pengunjung yang berasal dari daerah perkotaan padat penduduk dengan wilayah tanam terbatas, menuntut perusahaan pengelola untuk memenuhi kebutuhan mereka melalui pelatihan urban farming dengan teknik hidroponik bagi pemula. Integrated packaging starter kit hidroponik dapat didefinisikan sebagai perangkat tanam hidroponik bagi pemula dengan menggunakan sistem sederhana yang dikemas secara terintegrasi, sehingga memudahkan peserta pelatihan dengan mayoritas pemula dapat bertanam hidroponik secara mandiri. Integrated packaging starter kit hidroponik berisi peralatan bertanam hidroponik bagi pemula, mulai dari rockwoll, benih, nutrisi, lengkap dengan buku panduan dengan informasi yang dapat diakses online dan offline. Perancangan integrated packaging starter kit hidroponik ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengoptimalkan fasilitas pelatihan hidroponik di Kusuma Agrowisata Batu, dalam rangka meningkatkan brand equity perusahaan. Perancangan ini menggunakan rancangan secara problem solving dengan menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, kuisioner, dan studi literatur. Tiga komponen dalam penelitian yaitu: (1) Place, lingkungan fisik pelatihan hidroponik Kusuma Agrowisata; (2) Actor, wisatawan peserta pelatihan hidroponik, pengelola kawasan wisata, dan staf instruktur hidroponik Kusuma Agrowisata Batu; (3) Activity, Pelatihan hidroponik Kusuma Agrowisata Batu. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari analisis data tersebut, diperoleh simpulan sebagai berikut. Pertama, seiring dengan banyaknya wisatawan yang berasal dari daerah kota padat penduduk dengan lahan tanam terbatas, maka Kusuma Agrowisata harus dapat memfasilitasi kebutuhan mereka melalui pelatihan urban farming dengan teknik hidroponik bagi pemula. Kedua, integrated packaging starter kit hidroponik yang dirancang harus menggunakan sistem sederhana, sehingga dapat memudahkan pemula untuk bisa bertanam hidroponik secara mandiri. Ketiga, persepsi dan perilaku pengunjung sangat menentukan dalam proses keputusan mengikuti pelatihan, maka integrated packaging starter kit dibutuhkan untuk mengoptimalkan fasilitas pelatihan hidroponik, yang akan berdampak pada meningkatnya brand equity perusahaan. ABSTRACT Prayugo, Riyan. 2017. Integrated Packaging Hydroponics Starter Kit to Increase Brand Equity, Batu. Undergraduate Thesis. Department of Art and Design, Faculty of Letter, State University of Malang. Supervisors: (1) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn. (2) Andreas Syah Pahlevi S.Sn, M.Sn Keywords: Integrated Packaging, Hydroponics starter kit, Hydroponic planting device, Brand Equity, Kusuma Agrowisata Batu. Kusuma Agrowisata is one of the pioneer ecotourism in Indonesia which located in Jl. Abdul Gani Atas, Ngaglik, Batu City, this location provides gardening experience and fruit picking directly from the tree. Majority of visitors come from densely populated cities with limited planting location, it requires the management to meet their needs through urban farming training with hydroponic technique for beginners. Integrated Packaging hydroponics starter kit could be defined as hydroponic planting device for beginners using the simplest system which is packaged in an integrated manner, for beginners to start hydroponics cultivation easily. Integrated packaging hydroponics starter kit contains complete planting devices from rockwoll, seeds, nutrition powder, and the manual book of starter kit that could be accessed online and offline. This integrated packaging hydroponics starter kit design is aimed to optimize hydroponic training facility in Kusuma Agrowisata Batu, in order to increase company related brand equity. This research used problem solving research design with descriptive qualitative approach. The data was collected through interview, observation, questionnaire, and study of literature. The three components in the research were: (1) Place, Kusuma Agrowisata BatuÔÇÖs Hydroponic training physical environment; (2) Actor, hydroponic training participants, tourism area managers, and staff hydroponics instructor of Kusuma Agrowisata Batu (3) Activity, Hydroponic training of Kusuma Agrowisata Batu. The data analysis started from data reduction, data display, and drawing conclusion. Based on the data analysis, obtained the research result conclusion as follows. First, as the number, along with majority of visitors coming from densely populated cities with limited planting location, then Kusuma Agrowisata should be able to facilitate their needs through urban farming training with hydroponic technique for beginners. Second, integrated packaging hydroponics starter kit design must using the simplest system, in order to facilitate the visitors and start hydroponic cultivation independently. Third, visitorÔÇÖs perception and behavior is crucial in the decision process to follow the training, so integrated packaging hydroponics starter kit is needed to optimize the hydroponic training facility, which will impact on the increase of corporate related brand equity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14567

Actions (login required)

View Item View Item