Perancangan logo event Perayaan 99 tahun Hari Jadi Kota Madiun tahun 2017 dan implementasinya padsa media promosi / Lia Ari Wijayanti

Wijayanti, Lia Ari (2017) Perancangan logo event Perayaan 99 tahun Hari Jadi Kota Madiun tahun 2017 dan implementasinya padsa media promosi / Lia Ari Wijayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wijayanti, Lia. 2017. Perancangan Logo Event Perayaan 99 Tahun Kota Madiun Tahun 2017 dan Implementasinya pada Media Promosi. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sarjono, M. Sn, (II) Yon Ade Lose Hermanto, S.Sn, M. Sn. Kata Kunci: logo, event, Kota Madiun Event perayaan hari jadi Kota Madiun merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Madiun. Pada bulan Juni 2017 Kota Madiun memperingati hari jadi yang ke-99 tahun. Hari jadi Kota Madiun ke-99 tahun ini sangatlah spesial, karena tahun ke-99 merupakan tahun peralihan atau pijakan untuk menuju tahun ke-100 atau satu abad. Maka pada tahun ke-99 ini Kota Madiun perlu merayakannya dengan suka cita untuk menyongsong dan melangkah menuju usia genap satu abad. Sehingga dibutuhkan sebuah logo event segai identitas dari event perayaan hari jadi Kota Madiun tahun 2017. Logo merupakan sebuah simbol khusus yang dapat berupa huruf atau gambar, yang dapat membawa dan menggambarkan identitas dari entitas pemiliknya. Event adalah suatu acara yang diselenggarakan untuk memperingati hal-hal yang penting. Dalam sebuah event, fungsi logo event adalah sebagai pengenal, yaitu agar audience dapat mengenali dengan jelas event tersebut. Sedangkan fungsi logo event sebagai pembeda, yaitu agar audience dapat membedakan antara satu event dengan event lain. Model perancangan ini menggunakan model perancangan dari Drs. Sumarwahyudi, M. Sn yang diawali dari penulisan latar belakang masalah, dilanjutkan dengan pengumpulan data terdiri dari data primer dan data sekunder, kemudian analisis data, sintesis data, menentukan konsep perancangan, konsep tata desain, kemudian visualisasi model. Metode yang digunakan dalam pengambilan data lapangan adalah wawancara dan observasi, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Perancangan ini menghasilkan logo yang relevan dengan event perayaan 99 Tahun Hari Jadi Kota Madiun tahun 2017, serta bagaimana aplikasinya pada media promosi. Media promosi yang digunakan yaitu poster, baliho, banner, standing x-banner, dan umbul-umbul. Hasil perancangan ini diharapkan dapat menjadi referensi serta inspirasi, ataupun sebagai tolak ukur bagi para desainer untuk perancangan logo hari jadi Kota Madiun pada tahun selanjutnya, atau untuk perancangan logo event lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/14560

Actions (login required)

View Item View Item